This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qudrotullah, M. Fahmi (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGACU PADA TAKSONOMI BLOOM UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang diawali dengan menghadapkan siswa dengan masalah matematika.Pembelajaran berbasis masalah bersandarkan pada psikologi kognitif.Cara evaluasi yang
digunakan di lembaga pendidikan atau sekolah salah satunya adalah tes.Tes tersebut hendaknya dapat mengukur secara jelas hasil belajar (learning outcomes) yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran.Salah satu
acuan dalam merumuskan tujuan pembelajaran biasanya digunakan taksonomi tujuan pembelajaran.Taksonomi Bloom membagi pencapaian hasil belajar peserta didik pada domain kognitif menjadi enam level, yaitu Mengingat, Memahami, mengaplikasikan, Menganalisis, Mengevaluasi dan Mencipta.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran berbasis masalah mengacu pada Taksonomi Bloom untuk melatih kemampuan berpikir tinggi siswa, (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah subyek penelitiannya meliputi siswa kelas VIII-B MTs Darul Hikmah Mojokerto. Dalam penelitian ini materi yang digunakan adalah matematika geometri ruang.Untuk mendapatkan data tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa digunakan soal uraian dalam bentuk LKS dan aktivitas dan respon siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Proses penerapan pembelajaran berbasis masalah mengacu pada taksonomi Bloom untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi terdiri dari 3 komponen.Pertama, penerapan kelas dalam penelitian
ini memiliki criteria baik.Kedua, aktifitas siswa dalam mengikuti pelajaran secara umum mengalami peningkatan.Ketiga, respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah mengacu pada taksonomi Bloom untuk melatih
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mendapatkan respon kurang positif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A.Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Taksonomi Bloom; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2015 07:02 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2019 06:44 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/808 |
Actions (login required)
View Item |