This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Husnaini, M (2008) Perbandingan prestasi belajar Bahasa Arab antara siswa dan siswi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Junwangi Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303037 M Husnaini 2008 ok.pdf Download (6MB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) ini merupakan salah satu madrasah negeri terakreditasi "A" yang mcmpunyai program pembelajaran kctcrarnpilan berbicara dengan menggunakan dua bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan bahasa lnggris. Fakta ini menja<li salah satu faktor yang melatarbclakangi pcnulis untuk melakukan penelitian di madrasah ini. Namun, faktor paling utama yang mcndorong penulis adalah adanya rasa keingintahuan tentang perbandingan prcstasi belajar bahasa Arab antara siswa dan siswi di MTsN terscbut. Lazim diketahui bahwa secara umum siswi lebih produktif dalam aspek vokal daripada siswa. Disamping itu, siswi juga lebih tekun dan aktif dalarn belajar. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ini semua berpengaruh pada prestasi belajar bahasa Arab antara siswa dan siswi dengan materi dan waktu belajar sarna. Bahkan metode yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar juga sama. Dalam arti, tidak ada perbedaan dan prioritas khusus antara siswa dan siswi dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasar pada permasalahan diatas, maka tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana prestasi yang dicapai oleh siswa dan siswi. Bagaimana pula perbandingan prestasi antara keduanya. Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisa komparasional menggunakan rumus T-tes. Guna menggali data-data yang terkait dengan pembahasan, maka penulis menggunakan tiga instrumen pengumpul data, yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah memperoleh data yang memadai penulis menganalisa data tersebut sesuai dengan jenisnya. Maka hasil penulisan skripsi ini adalah: 1. Prestasi belajar yang dicapai siswa MTsN Junwangi Krian Sidoarjo menunjukkan hasil yang baik. Demikian ini dapat dilihat dari hasil nilai siswa, yaitu 7,24. 2. Prestasi belajar yang dicapai siswi MTsN Junwangi Krian Sidoarjo menunjukkan hasil yang baik. Demikian ini dapat dilihat dari hasil nilai siswi, yaitu 6,84. 3. Telah diketahui perbandingan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa dan siswi. Dengan dcmikian berarti menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar | ||||||||
Keywords: | Prestasi belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:12 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:12 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |