Pengaruh penggunaan permainan Tebak­Tebakan terhadap ketrampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Roudlotul Aqoidi Bangil Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makkiyah, Musyarifatul (2008) Pengaruh penggunaan permainan Tebak­Tebakan terhadap ketrampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Roudlotul Aqoidi Bangil Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303066 Musyarifatul Makkiyah 2008 ok.pdf

Download (16MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari, dengan demikian kita akan lebih mudah memahami ajaran pokok yang terkandung dalam Al­ Qur' an. Bahasa Arab resmi menjadi Bahasa Intemasional di PBB pada tahun 1973 dan dijadikan sebagai materi pokok di madrasah­madrasah dan Ponpes dalam memahami kitab­kitab salaf. Untuk mendapatkan kemampuan siswa dalam mempelajari Bahasa Arab dibutuhkan metode pembelajaran yang relevan dengan kemampuan mereka seperti : pelajaran, media pembelajaran, lingkungan dan sarana pra sarana. Seorang guru hendaklah menggunakan metode yang baik, bervariasi dan menyenangkan serta menjadikan siswa aktif dan mahir dalam berbahasa khususnya dalam berbicara Bahasa Arab. Salah satu metode barn yang dianggap menarik dalam belajar Bahasa Arab adalah Metode Bermain. Dalam kaitannya dengan pengajaran bahasa, metode bermain tersebut diadopsi menjadi "Permainan Tebak-Tebakan", dengan menggunakan beberapa metode permainan terarah seperti : gambar, lagu, dinamika kelompok, kuis, kartu, dan lain­lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan permainan tebak­tebakan dalam meningkatkan maharoh kalam siswa dalam belajar Bahasa Arab di SMP Roudlotul Aqo'idi Bangil Pasuruan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi dengan mengambil 28 siswa kelas IX A sebagai sampelnya. Untuk dapat menyimpulkan basil yang dikehendaki maka digunakan rumus prosentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tebak­tebakan di SMP Roudlotul Aqo'idi Bangil Pasuruan termasuk sering digunakan. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dengan guru dan angket. Demikian juga dari hasil angket menunjukkan bahwa maharoh kalam dalam belajar Bahasa Arab termasuk baik. Analisa statistic didapat bahwa antara kedua variable tersebut terdapat hubungan atau pengaruh yang kuat dengan menunjukkan indeks korelasi 0,87.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makkiyah, MusyarifatulUNSPECIFIEDD02303066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzhari, Saifullahsaefullah652@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Permainan Tebak­Tebakan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:55
Last Modified: 03 Jun 2025 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80828

Actions (login required)

View Item View Item