This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faizah, Lailatul (2009) فعالية استخدام طريقة القراءة التخطيط والسؤال والقراءة والخطابة في ترقية فهم النصوص العربية بالمدرسة السلفية بانجيل باسوروان Efektivitas penggunaan Metode Membaca SQ3R dalam meningkatkan pemahaman teks Bahasa Arab: studi eksperimen pada Kelas IX MTS Salafiyah Bangil. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Lailatul Faizah_D02205035.pdf Download (824kB) |
||
|
Text
daf.isi.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Metode Membaca SQ3R dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada Kelas IX MTS Salafiyah Bangil). Dengan rumusan masalah : 1). Bagaimana penggunaan metode membaca SQ3R dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa Arab siswa?. 2). Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap teks bahasa Arab dengan menggunakan metode membaca SQ3R? 3). Bagaimana efektivitas penggunaan metode membaca SQ3R dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa Arab dimadrasah Salafiyah Bangil Pasuruan? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1).Untuk mengetahui penggunaan metode membaca SQ3R dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa Arab siswa. 2). Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap teks bahasa Arab dengan menggunakan metode membaca SQ3R 3).Untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode membaca SQ3R dalam meningkatkan pemahaman teks bahasa arab dimadrasah salafiyah bangil pasuruan.
Metode SQ3R dalam langkah-langkahnya memiliki keunggulan dibandingkan dengan metode pembelajaran yang biasa diterapkan dalam kelas yang akan diteliti yaitu pada tahap membuat Question anak-anak diarahkan untuk terbiasa berpikir kritis terhadap bahan bacaan sehingga siswa menjadi lebih aktif dan terlatih untuk bisa membuat pertanyaan dengan bahasa Arab (khususnya dalam penelitian ini) , kemudian tahap Ricite yaitu tahap dimana siswa berusaha untuk memikirkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang dibuatnya sebab dengan memberi jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang timbul pada saat membaca, akan memaksa siswa mencari jawaban dari pertanyaannya sehingga dalam pencariannya siswa berusaha untuk mendalami isi bacaan atau teks tersebut.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif untuk instrumen tes, angket dan observasi dengan desain penelitian Pretest-Postest one group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTS Salafiyah Bangil Pasuruan pada tahun ajaran 2008/2009 dengan sampel yang dipilih dengan cara (Purposive) dari empat kelas yang ada dan dari empat kelas tersebut diambil 39 siswa sebagai sample dari penelitian ini. Sedangkan Instrumen yang dipakai adalah tes, angket dan observasi.
Adapun hipotesis yang diajukan berdasarkan Asumsi dalam penelitian ini adalah yang pertama metode membaca SQ3R dapat meningkatkan pemahaman terhadap teks bahasa Arab terbukti dapat dilihat dari perbedaan skor siswa antara hasil pretest dan posttest. Dan Hipotesis yang kedua adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab sebelum menggunakan metode membaca SQ3R dengan siswa yang sudah menggunakan metode membaca SQ3R dan terbukti dengan nilai to (-8,18) lebih besar dari tt (taraf signifikansi 5% sebesar 2,0244) dan taraf signifikansi 1% sebesar 2,7116 dengan ini maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan SQ3R dengan meningkatkan pemahaman teks bahasa Arab.
Dan akhirnya dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada guru khususnya bahasa Arab tingkat Tsanawiyah, untuk menggunakan metode ini didalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bahasa Arab.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||||
Keywords: | Metode Membaca; SQ3R | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:10 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8093 |
Actions (login required)
View Item |