Sistem Pembelajaran Bahasa Arab dengan media internet (e-learning): studi tentang program Dokeos di situs www.kursus.arabic.web.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Umar (2009) Sistem Pembelajaran Bahasa Arab dengan media internet (e-learning): studi tentang program Dokeos di situs www.kursus.arabic.web.id. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover Umar Hadi_D02205074-2.pdf

Download (745kB)
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengupas tentang sistem pembelajaran bahasa Arab dengan media Internet (e-learning) menggunakan program Dokeos materi dasar-dasar ilmu Nahwu dan Sharaf di situs www.kursus.arabic.web.id. Minimnya referensi dan media
pembelajaran bahasa Arab selama ini menjadi salah kendala siswa untuk belajar bahasa Arab secara optimal, selain itu sistem pembelajaran bahasa Arab yang selama ini digunakan yakni masih tidak berbeda jauh dengan sistem dan media sebelumnya yakni masih mengandalkan kitab-kitab kuning dengan metode ceramah seorang kyai ataupun ustadz, dimana seringkali guru tidak mendapat umpan balik dari siswa akibat
metodenya tersebut.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan peranan media
dalam memaksimalkan pembelajaran, dalam hal ini adalah media internet (elearning)
dengan menggunakan program (sotware) Dokeos.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui langkahlangkah
penggunaan sistem pembelajaran bahasa Arab dengan media internet
menggunakan program Dokeos di tempat kursus bahasa Arab online tepatnya di situs
www.kursus.arabic.web.id. Masalah ini selanjutnya akan difokuskan pada
pembahasan tentang model pengembangan dan pentahapannya. Sedangkan,
efektifitas pengembangan media dinilai dari empat aspek yaitu aspek manajemen
program secara umum, penyajian materi, interaksi pengguna dan interaksi program.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
ini dilakukan dengan mencari data-data yang sesuai dengan judul dari berbagai
sumber. Data-data tersebut kemudian dianalisa dengan cara memeriksa kembali datadata
yang sudah ada dan disusun dalam kerangka yang sudah ditentukan dan akhirnya
dilakukan analisa data dengan teknik induktif.
Dari hasil pembahasan dalam penelitian ini diketahui bahwa sistem
pembelajaran bahasa Arab dengan media internet (e-learning) menggunakan
program Dokeos dengan materi dasar-dasar ilmu Nahwu dan Sharaf di situs
www.kursus.arabic.web.id mengikuti prosedur pengembangan berdasarkan model
Alessi dan Trollip yang sudah dimodifikasi. Media ini dinilai cukup efektif untuk
mendukung pembelajaran bahasa Arab secara online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, UmarUNSPECIFIEDD02205074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Media internet
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2009
Last Modified: 23 Jun 2022 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item View Item