This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
MASYHURI, A. (2009) DIRASAH MUQARANAH BAINA ATH THORIQAH AL MUBASYARAH WA THORIQAH I'TIBAR AL IFKAR NAHWU INJAZ TA'ALLUMI AT TALAMIDZ FI TA'LIMI AL LUGHAH AL ARABIYAH BI MAHARATI AL KALAM FI AL MADRASAH AL MUTAWASITHAH AL MUHAMMADIYAH 4 GADUNG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Full text not available from this repository.Abstract
A. Masyhuri, Skripsi 2009, Studi Komparasi antara Metode Langsung dan Metode
Brainstorming Terhadap Hasil Prestasi Belajar Siswa dalam Pengajaran Bahasa Arab
dengan Kemampuan Berbicara di SLTP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya.
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Dosen pembimbing : Moh. Thohir, M.Pd. M,Ag.
Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang esensial pada jenjang pendidikan
tingkat menengah terutama di Aliyah. Pengajaran bahasa Arab ini merupakan proses
pembelajaran siswa agar mereka mampu Berbicara (Kalam). Karena itu pengajarannya
pun harus mengacu pada pemberian bekal siswa, agar mereka memiliki kemampuan
berkomunikasi secara Aktif dan Pasif. Kemampuan berkomunikasi Aktif adalah
keterampilan menggunakan bahasa secara lisan maupun tulisan. Sedangkan
kemampuan berkomunikasi pasif adalah keterampilan untuk memahami bacaan bahasa
Arab dan pembicaraan orang lain. Sedangkan untuk mengembangkan dan memperluas
perbendaharaan kosa kata-kosa kata siswa serta untuk memadukan kegiatan berbahasa.
Pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan metode langsung dan metode
brainstorming, selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, pembelajaran
dengan metode langsung dan brainstorming juga diarahkan untuk meningkatkan
kemampuan berfikir dan bernalar, mempertajam kepekaan perasaan, serta memperluas
wawasan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan :
- Bagaimana penggunaan Metode Langsung di SLTP Muhammadiyah 4 Gadung
Surabaya.
- Bagaimana penggunaan Metode Brainstorming di SLTP Muhammadiyah 4
Gadung Surabaya.
- Bagaimana Perbandingan (Komparasi) antara Metode Langsung dan Metode
Brainstorming terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pengajaran Bahasa Arab di
SLTP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian deskriptif kuantitatif.
Dari hasil analisis ditemukan bahwa penggunaan Metode Langsung dan
Metode Brainstorming dalam bahasa Arab adalah untuk melatih berbicara bahasa Arab
(kalam) berdasarkan fungsi bahasa itu sendiri, yakni mengucapkan bahasa secara lisan,
dan tidak memperhatikan kaidah-kaidah (tata bahasa) dalam berbicara.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Metode Langsung; Metode Brainstorming | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 10 Mar 2020 07:11 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8100 |
Actions (login required)
View Item |