Pengaruh model learning cycle 9e berbantu praktikum terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX pada materi asam dan basa di SMPN 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Anisah (2025) Pengaruh model learning cycle 9e berbantu praktikum terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX pada materi asam dan basa di SMPN 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisah Rachmawati_06021021018 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anisah Rachmawati_06021021018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 June 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran IPA Terpadu kelas IX SMPN 19 Surabaya. Hal ini terlihat dari hasil penelitian awal yang telah dilakukan, yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase setiap indikator kemampuan berpikir kritis adalah dibawah 30% dengan kategori sangat rendah. Salah satu penyebabnya yaitu karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dan memberikan inovasi model Learning Cycle 9E dengan berbantu praktikum terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 9E berbantu praktikum terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan untuk menguji masalah adalah Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMPN 19 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan Mann Whitney, N-Gain, analisis lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya keterlaksanaan pembelajaran dengan model Learning Cycle 9E berbantu praktikum yang dilakukan guru mencapai kategori sangat baik dengan skor 90. Sementara pada aktivitas siswa selama pembelajaran mencapai kaegori sangat baik dengan skor 89, serta respon yang diberikan oleh siswa mendapatkan kategori sangat baik dengan skor 92,5. Data pre-test diuji dengan Mann Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000 yang berarti ada perbedaan pada kedua kelas, begitu juga dengan data post-test menunjukkan nilai sig. 0,000 yang berarti ada perbedaan pada kedua kelas. Data pre-test post-test kelas eksperimen menunjukkan nilai sig. 0,000 yang menunjukkan terdapat perbedaan pada kelas ekperimen. Sementara pada uji N-Gain kelas eksperimen senilai 0,27 dan kelas kontrol 0,07 yang berarti kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, AnisahSnaxrahh@gmail.com06021021018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsa.ac.id0705128601
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id711119101
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Asam dan Basa; Kemampuan Berpikir Kritis; Learning Cycle 9E.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Anisah Rachmawati
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:15
Last Modified: 18 Jun 2025 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81042

Actions (login required)

View Item View Item