Hubungan escapism dan kontrol diri dengan adiksi game pada pemain massively multiplayer online role-playing game (MMORPG)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Olinda, Reyna Zara (2025) Hubungan escapism dan kontrol diri dengan adiksi game pada pemain massively multiplayer online role-playing game (MMORPG). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reyna Zara Olinda_11020121105 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Reyna Zara Olinda_11020121105 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 June 2028.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena adiksi game semakin mengkhawatirkan, terutama di kalangan pemain MMORPG. Berdasarkan data Newzoo (2022), lebih dari 3,2 miliar orang di seluruh dunia bermain game, dengan 20% di antaranya menunjukkan tanda-tanda perilaku adiktif. Di Indonesia, survei APJII (2023) mencatat sekitar 85,3 juta orang aktif bermain game online, sementara laporan Southeast Asia Gaming Report (2023) menunjukkan bahwa lebih dari 8 juta pemain MMORPG aktif di Indonesia. Meningkatnya akses terhadap perangkat teknologi dan kemudahan dalam mengunduh game secara gratis berkontribusi terhadap peningkatan risiko adiksi game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara escapism dan kontrol diri dengan adiksi game pada pemain MMORPG. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan menyebar kuisioner pada komunitas MMORPG di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sensus/total sampling pada komunitas MMORPG di Surabaya dengan total sampel 179 subjek. Data yang telah didapatkan kemudian dilakukan analisis berupa uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara escapism dan kontrol diri dengan adiksi game sebesar 36,8%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel escapism memiliki korelasi positif dengan adiksi game, sedangkan variabel kontrol diri memiliki korelasi negatif dengan adiksi game.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Olinda, Reyna Zarareynazaraolinda@gmail.com11020121105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsa.ac.id2012067403
Subjects: Game Online
Keywords: adiksi game; escapism; kontrol diri; MMORPG
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Reyna Zara Olinda
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:36
Last Modified: 20 Jun 2025 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81049

Actions (login required)

View Item View Item