This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tohir, Achmad (2025) Pengembangan perangkat pembelajaran diferensiasi berbantuan geogebra untuk melatihkan kemampuan pemahaman konsep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Achmad Tohir Mubarok_06010421001.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Achmad Tohir Mubarok_06010421001_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI di MAN 1 Lamongan dan kurangnya pelaksanaan pembelajaran diferensiasi yang dilakukan oleh guru matematika ketika mengajar di sekolah tersebut. Penelitian ini mengembangkan pembelajaran diferensiasi dengan bantuan aplikasi GeoGebra untuk melatihkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari modul ajar dan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra untuk melatihkan kemampuan pemahaman konsep. Produk yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pembuatan, penerapan, dan evaluasi. Uji coba dilaksanakan di MAN 1 Lamongan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan sebanyak 33 siswa di kelas XI MIPA 6. Teknik pengumpulan data terdiri dari catatan lapangan, validasi ahli dan tes tulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap analisis dilakukan analisis masalah awal, analisis karakteristik siswa dan analisis kurikulum. Peserta didik di sekolah tersebut tidak menyukai matematika karena metode yang diterapkan oleh guru, akan tetapi mereka mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kurikulum yang diterapkan di MAN 1 Lamongan adalah kurikulum merdeka. Pada fase perancangan peneliti menentukan materi dan merancang modul ajar dan LKPD. Pada fase pembuatan produk yang dikembangkan dibuat dan dilakukan validasi. Setelah proses validasi, modul ajar, LKPD dinyatakan sangat valid dengan masing-masing skor kevalidan sebesar 4,56 dan 4,55. Modul ajar dan LKPD mendapatkan nilai rata-rata kepraktisan masing-masing sebesar 90,88 dan 90,11 sehingga produk tersebut dinyatakan sangat praktis. Setelah proses penerapan, sebanyak 87,8% siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep yang tinggi dan sangat tinggi yang artinya perangkat pembelajaran berdiferensiasi berbantuan GeoGebra efektif untuk melatihkan kemampuan pemahaman konsep. Proses evaluasi dilaksanakan pada setiap tahap pengembangan untuk memastikan produk yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pengajaran Manajemen dan organisasi sekolah |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran diferensiasi; geogebra; kemampuan pemahaman konsep | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Achmad Tohir | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 04:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 04:24 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |