This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Oksanda, Rizka Amalia (2025) Efektivitas model case based learning berbantu augmented reality pada materi indra penglihatan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik MTSN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rizka Amalia Oksanda_06041021057 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Rizka Amalia Oksanda_06041021057 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2028. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo pada materi IPA yang masih perlu ditingkatkan. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru serta kurang bervariasi. Guru masih menggunakan bahan ajar berupa materi cetak dan menggunakan metode ceramah serta membuat ringkasan dalam mengajar. Hal ini terjadi karena kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital seperti video, animasi, multimedia interaktif, dan sebagainya. Kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang bervariasi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan peserta didik sulit dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model case based learning berbantu augmented reality terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo pada materi indra penglihatan. Desain penelitian ini yaitu pretest posttest control group design dimana menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Sidoarjo Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VIII- A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes, observasi, dan angket. Data penelitian diuji menggunakan uji independent sample t-test, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model case based learning berbantu augmented reality efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test terhadap hasil posttest dengan nilai signifikansi one tailed 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan hasil posttest dimana kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil uji N-Gain (mean) yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 0,519 dengan kriteria sedang. Hasil observasi pada kelas eksperimen yang menerapkan model case based learning aktivitas guru memperoleh rata-rata sebesar 3,85 dengan kategori sangat baik serta aktivitas peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,85 dengan kategori sangat baik. Selain itu hasil angket respon peserta didik yang memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 87,18 dengan kategori positif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Model case based learning; Kemampuan Berpikir Kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Rizka Amalia Oksanda | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:53 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |