Problematika implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 19 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqi, Miftahur (2025) Problematika implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMP Negeri 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MIFTAHUR RIZQI_06020121055.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Miftahur Rizqi_06020121055 OK.pdf

Download (919kB)

Abstract

Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi dalam sistem pendidikan Indonesia dengan memberikan fleksibilitas bagi sekolah, guru, dan siswa dalam proses pembelajaran. Kurikulum ini dirancang untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan potensi siswa serta menekankan pengembangan karakter, kompetensi, dan kreativitas. Namun dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 19 Surabaya masih menghadapi berbagai tantangan, khususnya dalam mata pelajaran PAI. Mata pelajaran PAI berfokus pada penanaman nilai-nilai spiritual dan moral, sedangkan kurikulum merdeka menekankan kemandirian serta kebebasan dalam belajar. Perbedaan pendekatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan prinsip fleksibilitas dan kebebasan belajar yang diusung oleh kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 19 Surabaya, mengidentifikasi problematika yang muncul, serta menemukan solusi untuk mengatasi problematika tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penelitian ini mengambil beberapa responden yaitu Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PAI dan juga siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun dalam analisis data melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 19 Surabaya telah dilaksanakan secara menyeluruh di semua jenjang kelas pada tahun ajaran 2024/2025. Pada tahap perencanaan guru PAI mengikuti pelatihan teknis dan menyusun perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan yang interaktif dan berpusat pada siswa melalui metode diskusi, presentasi, serta penguatan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan sehari-hari di kelas. Sementara itu evaluasi dilakukan melalui asesmen formatif dan sumatif yang tidak hanya menilai hasil akhir, tetapi juga proses dan perkembangan sikap religius siswa. Problematika yang ditemukan yaitu kurangnya pemahaman guru PAI dalam pembelajaran diferensiasi, sulitnya menangani siswa berkebutuhan khusus, dan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi PAI. Adapun solusi yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kompetensi guru, sharing dengan guru lain, serta membuat inovasi dalam pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqi, Miftahurmiftahrizqi184@gmail.com06020121055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi kurikulum; Kurikulum Merdeka; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahur Rizqi
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:03
Last Modified: 18 Jun 2025 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81148

Actions (login required)

View Item View Item