Pengaruh iklim madrasah, efikasi diri, dan iritualitas guru terhadap mutu pembelajaran guru pendidikan agama islam madrasah aliyah negeri di Jawa Timur: studi cross sectional dengan structural equation modeling

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Markus, Markus (2025) Pengaruh iklim madrasah, efikasi diri, dan iritualitas guru terhadap mutu pembelajaran guru pendidikan agama islam madrasah aliyah negeri di Jawa Timur: studi cross sectional dengan structural equation modeling. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Markus_01040422005 OK.pdf

Download (18MB)
[img] Text
Markus_01040422005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2028.

Download (17MB)

Abstract

Kajian tentang mutu pembelajaran guru dalam pendidikan Islam di madrasah masih terbatas, terutama yang menyoroti peran faktor psiko-sosial seperti efikasi diri dan spiritualitas guru. Penelitian ini hadir untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan tujuan menguji pengaruh iklim madrasah, efikasi diri, dan spiritualitas guru terhadap mutu pembelajaran guru. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis peran mediasi efikasi diri dan spiritualitas dalam menjelaskan hubungan antara iklim madrasah dan mutu pembelajaran guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari 640 guru rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Madrasah Aliyah Negeri di Jawa Timur yaitu guru yang mengampu mata pelajaran Al-Quran Hadist, Aqidah Akhlak, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian mencakup skala iklim madrasah, skala efikasi diri, skala spiritualitas guru, dan skala mutu pembelajaran guru, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa model yang diuji memiliki tingkat kecocokan yang sangat baik (χ² = 0.063, p > .05; GFI = 0.911; RMSEA = 0.004; CFI = 0.943; TLI = 0.952; SRMR = 0.004). Analisis jalur menunjukkan bahwa iklim madrasah berpengaruh langsung terhadap efikasi diri guru (β = .38, p < .01) dan spiritualitas guru (β = .92, p < .001), yang keduanya berperan sebagai mediator dalam hubungan dengan mutu pembelajaran guru. Efikasi diri guru berpengaruh positif terhadap mutu pembelajaran (β = .30, p < .01), sedangkan spiritualitas guru menunjukkan pengaruh yang lebih kuat (β = .90, p < .001). Efek mediasi lebih lanjut menunjukkan bahwa iklim madrasah memengaruhi mutu pembelajaran guru secara tidak langsung melalui efikasi diri (β = .114, p < .05) dan spiritualitas (β = .828, p < .001), dengan spiritualitas sebagai mediator dominan. Temuan ini menegaskan bahwa iklim madrasah memainkan peran penting dalam meningkatkan efikasi diri dan spiritualitas guru, sehingga berdampak positif terhadap mutu pembelajaran guru. Selain kontribusi empiris tersebut, penelitian ini juga menawarkan kebaruan teoretis melalui pengembangan model mutu pembelajaran guru PAI berbasis pendekatan multidisiplin yang mengintegrasikan dimensi instruksional, psikologis, dan spiritual dalam konteks madrasah. Penelitian ini juga memperkaya teori mutu pembelajaran guru yang dikembangkan oleh Nilsen dan Gustafsson dengan memasukkan spiritualitas sebagai variabel internal baru yang berpengaruh terhadap mutu pembelajaran. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlu adanya kebijakan dan pedoman yang mendukung iklim madrasah yang kondusif agar dapat meningkatkan efikasi diri guru serta spiritualitas guru yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pembelajaran guru. Selain itu, manajemen madrasah juga perlu menerapkan pola kepemimpinan untuk menunjang iklim madrasah yang kondusif dan positif. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi peran iklim madrasah, efikasi diri, dan spiritualitas guru dalam konteks pendidikan di madrasah melalui pendekatan longitudinal, serta analisis berbasis wilayah dan karakteristik latar belakang sosial-budaya guna memahami dinamika faktorfaktor yang mempengaruhi mutu pembelajaran guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Markus, MarkusFirdaus922@gmail.com01040422005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Guru
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Mutu Pembelajaran Guru; Iklim Madrasah; Efikasi Diri; Spiritualitas; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:23
Last Modified: 21 Jul 2025 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81170

Actions (login required)

View Item View Item