This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ratnawati, Ratnawati (2025) Komodifikasi Agama dalam Brand Inara Rusli di Media Sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ratnawati_07040221074 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ratnawati_07040221074 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji fenomena komodifikasi agama yang terjadi dalam konteks branding individu di media sosial, dengan studi kasus yang berfokus pada strategi Inara Rusli. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan platform media sosial sebagai arena konstruksi citra diri, di mana tokoh publik, termasuk selebriti dan influencer seperti Inara Rusli, semakin aktif memanfaatkan nilai-nilai dan simbol-simbol agama dalam upaya membangun dan memperkuat brand mereka. Fenomena ini memunculkan pertanyaan penting mengenai cara agama, yang pada dasarnya merupakan sistem keyakinan dan praktik spiritual, dapat diadaptasi dan dikapitalisasi dalam logika ekonomi pasar di ruang digital. Pertanyaan utama yang dijawab dalam penelitian ini adalah cara agama dikapitalisasi dalam personal branding di media sosial, serta implikasi dari proses komodifikasi tersebut terhadap pemahaman dan praktik keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten kualitatif untuk mengkaji representasi agama dalam unggahan media sosial Inara Rusli, yang meliputi platform Instagram, Youtube, TikTok. Analisis difokuskan pada identifikasi simbol keagamaan, seperti postingan gambar dan video yang memakai simbol agama serta caption narasi agama, yang digunakan Inara Rusli dalam kontennya. Simbol agama tersebut dikaitkan dengan promosi produk dan pembentukan citra diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inara Rusli secara aktif membangun citra religiusnya melalui konten media sosial yang secara strategis memadukan nilai-nilai agama, seperti kesalehan, ketaatan, dan identitas Muslimah, dengan promosi produk baju muslimah. Proses ini mendukung terjadinya komodifikasi agama, di mana nilai-nilai agama dikapitalisasi menjadi komoditas yang dapat diperjual belikan dan dikonsumsi dalam konteks ekonomi digital, sekaligus memiliki implikasi pada cara citra religius dikonstruksi dan dipersepsikan di media sosial.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Agama Budaya - Agama Media Sosial |
||||||||
Keywords: | Komodifikasi Agama; Branding Selebriti; Media Sosial; Inara Rusli; Citra Religius | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama | ||||||||
Depositing User: | Ratna wati | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 11:15 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 11:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |