This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoiroh, Muthiatul (2009) Tinjauan Hukum Islam Tentang Pemberian Ganti Rugi Terhadap Pemilik Barang Oleh Pengusaha Angkutan Di Pt.Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Surabaya 60000. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muthiatul Khoiroh_C04302032.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) dengan judul: Tinjauan Hukum Islam tentang Pemberian Ganti Rugi terhadap Pemilik Barang oleh Pengusaha Angkutan di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Surabaya 60000, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimanakah pelaksanaan pemberian ganti rugi terhadap pemilik barang oleh pengusaha angkutan di PT. Pos Indonesia (persero) kantor pos Indonesia 60000? serta bagaimanakah tinjauan hukum Islam tentang pemberian ganti rugi terhadap pemilik barang oleh pengusaha angkutan di PT. Pos Indonesia (persero) kantor pos Indonesia 60000?
Data penelitian ini dihimpun melalui studi pustaka, interview, dan dokumenter, selanjutnya data disusun secara sistematis dan dianalisis secara kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif. Metode deskriptif verifikatif ini diawali dengan menggambarkan serta menilai data-data tentang ganti rugi terhadap pemilik barang pada PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos Surabaya selanjutnya dianalisis dari segi hukum Islam. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan PT. Pos Indonesia (Persero) telah bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh pengirim barang karena kelalaiannya berupa kerusakan, kehilangan dan keterlambatan dimulai sejak diterimanya barang sampai diserahkannya barang tersebut kepada penerima barang kecuali untuk kelalaian force majeure. Adapun pemberian ganti rugi terhadap pemilik barang oleh pengusaha angkutan di PT. Pos Indonesia (persero) dalam hukum Islam bisa dikatagorikan dalam akad wadi’ah yang bersifat da}man (ganti rugi). Namun untuk realisasinya dibayarkan sebesar riil yang diderita dan angka kerugiannya harus nyata, jelas besarnya dan yang bisa dihitung serta bukan berdasarkan prosentase. Namun perhitungan ganti rugi ini tidak sesuai dengan hukum Islam tetapi berdasarkan ketentuan yang ada di PT. Pos Indonesia (persero). Dari kesimpulan diatas, maka penulis memberikan saran kepada PT Pos Indonesia (Persero) harus selektif dalam memilih karyawan, terutama yang mengerti tentang hukum-hukum Islam selain itu juga diharapkan lebih berhati-hati dalam menangani permasalahan supaya tidak merugikan pihak lain, agar mendapatkan keuntungan yang besar dan barokah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kompensasi Muamalat Muamalah |
||||||
Keywords: | Ganti Rugi; paket; Kantor Pos; Force Mejeure | ||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 29 May 2019 02:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8129 |
Actions (login required)
View Item |