This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamimah, Nur (2025) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap literasi sains materi getaran, gelombang dan cahaya siswa kelas VIII MTsN 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nur Hamimah_06041021054 OK.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
Nur Hamimah_06041021054 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 June 2028. Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan literasi sains sangat dibutuhkan di abad 21 ini karena siswa dituntut agar mampu berpikir tentang pengetahuan ilmiah yang berarti tidak hanya memahami konsep sains tetapi juga memahami penerapan ilmu pengetahuan di kehidupan nyata. Berdasarkan hasil pra penelitian di MTsN 1 Surabaya diketahui bahwa kemampuan literasi sains siswa berdasarkan aspek kompetensi sebesar28,19% dengan kategori sangat rendah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen dan literasi sains memiliki keterkaitan yang terletak pada sintaks pembelajarannya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen terhadap literasi sains materi getaran, gelombang dan cahaya siswa kelas VIII MTsN 1 Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dan penggunaan non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan angket. Analisis statistik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu Mann Whitney U.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan literasi sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasiluji Mann Whitney U menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol dimanakelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi. Nilai N-Gain di kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol dimana kelas eksperimen menunjukkan hasil 0,73 dengan kategori tinggi sedangkan di kelas kontrol menunjukkan hasil 0,37 berkategori sedang. Nilai hasil observasi aktivitas guru di kelas eksperimen menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik yakni sebesar 96,7. Nilai hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 84,9 juga dengan kategori sangat baik. Perolehan skor angket respon siswa di kelas eksperimen menunjukkan hasil persentase 87,7 dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII materi getaran di MTsN 1 Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing; Eksperimen; Literasi Sains | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Hamimah | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:59 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |