Kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan mutu pendidikan akselerasi melalui kurikulum merdeka belajar di madrasah aliyah negeri 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imbarkasih, Merine Dwi (2025) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan mutu pendidikan akselerasi melalui kurikulum merdeka belajar di madrasah aliyah negeri 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Merine Dwi Imbarkasih_06020321033 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Merine Dwi Imbarkasih_06020321033 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2028.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjawab fokus permasalahan yang di teliti, yakni (1) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di MAN 1 Surabaya; (2) bagaimana penerapan kurikulum merdeka terhadap pendidikan akselerasi di MAN 1 Surabaya; (3) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan mutu pendidikan akselerasi melalui kurikulum merdeka belajar di man 1 surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah , Waka Kurikulum, Guru Akselerasi, dan Siswa Akselerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan kepala madrasah di MAN 1 Surabaya dalam mewujudkan mutu pendidikan akselerasi dijalankan melalui pendekatan kepemimpinan transformasional yang meliputi idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration. Kepala madrasah berperan sebagai teladan, pembangun motivasi kolektif, fasilitator inovasi, serta pembina personal bagi guru dan siswa. (2) Mutu Pendidikan akselerasi melalui Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 1 Surabaya diwujudkan melalui empat indikator utama, yaitu standar kurikulum dan pengajaran berbasis proyek dan diskusi, fasilitas pembelajaran yang memadai, kinerja guru yang profesional dan adaptif, serta hasil belajar siswa yang unggul baik secara akademik maupun karakter. Serta (3) Kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan mutu pendidikan akselerasi melalui Kurikulum Merdeka dilakukan melalui penyusunan visi dan program strategis, penetapan kelas akselerasi dan seleksi peserta didik, penugasan guru dan pengembangan profesional, penyusunan perangkat pembelajaran khusus akselerasi, serta evaluasi berkala dan perbaikan sistem secara berkelanjutan dan berbasis data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imbarkasih, Merine Dwimerineeed.i@gmail.com06020321033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMardiyah, Mardiyahummi.mardiyah@gmail.com2025076703
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Kepala Sekolah
Kurikulum
Kepemimpinan
Keywords: kepemimpinan kepala madrasah; mutu pendidikan akselerasi; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Merine Imbarkasih
Date Deposited: 12 Jul 2025 13:55
Last Modified: 12 Jul 2025 13:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81366

Actions (login required)

View Item View Item