This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Urrahmah, Oktavia Nisa (2025) Pengembangan media pembelajaran articulate storyline 3 pada materi keragaman budaya Indonesiaku Kelas V SD Negeri Sukorejo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Oktavia Nisa Urrahmah_06040721111 ok.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Oktavia Nisa Urrahmah_06040721111 full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2028. Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi awal yang menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran di kelas masih bersifat konvensional dan kurang bervariasi. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang tertarik dan cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline 3 yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi keragaman budaya Indonesiaku di kelas V SD Negeri Sukorejo. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Uji coba produk dilakukan pada 28 peserta didik kelas V SD Negeri Sukorejo. Teknik Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, lembar validasi, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi perhitungan menggunakan rumus untuk mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan, serta uji statistik yaitu paired sample t-test untuk menguji tingkat keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline 3 dinyatakan sangat valid dengan nilai 84% berdasarkan penilaian ahli media dan 86% berdasarkan penilaian ahli materi. Kepraktisan media juga tergolong sangat tinggi, dengan nilai 95% berdasarkan respon guru dan rata-rata 86% berdasarkan respon peserta didik. Dari sisi keefektifan, media ini terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan pada materi keragaman budaya Indonesiaku. Dengan demikian, media pembelajaran Articulate Storyline 3 dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sarana yang interaktif, menarik, dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah dasar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kewarganegaraan Pendidikan > Media Pancasila |
||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; articulate storyline 3; keragaman budaya Indonesia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Oktavia Nisa Urrahmah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:30 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |