This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chafsoh, Nabila Priyanka (2025) Pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ pencernaan kelas V Minu Waru I Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nabila Priyanka Chafsoh_06040721107 ok.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text
Nabila Priyanka Chafsoh_06040721107 full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 June 2028. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pemilihan media pembelajaran yang kurang variatif di madrasah, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MINU Waru I Sidoarjo pada mata pelajaran IPAS. Hal ini didukung dengan cara pembelajaran yang masih konvensional, padahal materi pembelajaran tersebut mempunyai karakteristik yang abstrak dan kompleks. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan media pembelajaran kartu domino. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ pencernaan kelas V MINU Waru I Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian yakni pendekatan kuantitatif, jenis pra eksperiment, dan desain penelitian static group pretest posttest. Sampel pada penelitian yakni peserta didik kelas V MINU Waru I Sidoarjo menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas eksperimen (VD) dan kelas kontrol (VB) sebanyak 59 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes hasil belajar, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data untuk penelitian meliputi uji-t independent dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) yakni 0,000 < 0,05. Rerata perhitungan nilai N-Gain pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yakni 0,65 (sedang) > N-Gain kelas kontrol yakni 0,29 (rendah). Rerata hasil belajar posttest juga menunjukkan rerata posttest pada kelas eksperimen yakni 86,76 > rerata posttest pada kelas kontrol yakni 69,53. Berdasarkan hasil penelitian tersebut berarti adanya pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ pencernaan kelas V MINU Waru I Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Biologi Pendidikan > Media Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran Kartu Domino; hasil belajar; organ pencernaan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nabila Priyanka Chafsoh | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:15 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |