Pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ pencernaan kelas V Minu Waru I Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chafsoh, Nabila Priyanka (2025) Pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ pencernaan kelas V Minu Waru I Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Priyanka Chafsoh_06040721107 ok.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Nabila Priyanka Chafsoh_06040721107 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2028.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemilihan media pembelajaran yang kurang variatif di madrasah, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V MINU Waru I Sidoarjo pada mata pelajaran IPAS. Hal ini didukung dengan cara pembelajaran yang masih konvensional, padahal materi pembelajaran tersebut mempunyai karakteristik yang abstrak dan kompleks. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan media pembelajaran kartu domino. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ pencernaan kelas V MINU Waru I Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian yakni pendekatan kuantitatif, jenis pra eksperiment, dan desain penelitian static group pretest posttest. Sampel pada penelitian yakni peserta didik kelas V MINU Waru I Sidoarjo menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas eksperimen (VD) dan kelas kontrol (VB) sebanyak 59 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes hasil belajar, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data untuk penelitian meliputi uji-t independent dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) yakni 0,000 < 0,05. Rerata perhitungan nilai N-Gain pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yakni 0,65 (sedang) > N-Gain kelas kontrol yakni 0,29 (rendah). Rerata hasil belajar posttest juga menunjukkan rerata posttest pada kelas eksperimen yakni 86,76 > rerata posttest pada kelas kontrol yakni 69,53. Berdasarkan hasil penelitian tersebut berarti adanya pengaruh media pembelajaran kartu domino terhadap hasil belajar peserta didik pada materi organ pencernaan kelas V MINU Waru I Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chafsoh, Nabila Priyankanabilapriyankachafsoh.archive@gmail.com06040721107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Subjects: Biologi
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media pembelajaran Kartu Domino; hasil belajar; organ pencernaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabila Priyanka Chafsoh
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:14
Last Modified: 26 Jun 2025 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81549

Actions (login required)

View Item View Item