This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zahroh, Ashimah Ummi (2025) تحليل صعوبات إتقان المفردات العربية لدى طلاب الصف السابع بمدرسة دار العلوم المتوسطة الأهلية تولنجان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ashimah Ummi Zahroh_06030221063 Full.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Ashimah Ummi Zahroh_06030221063 OK.pdf Restricted to Repository staff only until 28 June 2028. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Tlasih Tulangan dalam menguasai kosakata bahasa Arab. Penguasaan kosakata menjadi aspek penting dalam proses pembelajaran bahasa Arab karena merupakan dasar bagi keterampilan berbahasa lainnya seperti menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Namun dalam kenyataannya, banyak peserta didik yang mengalami kendala dalam memahami dan mengingat kosakata yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian difokuskan pada siswa kelas VII sebagai responden utama, serta melibatkan guru bahasa Arab sebagai informan pendukung. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan yang dialami siswa terbagi ke dalam dua kategori, yaitu linguistik dan non-linguistik. Kesulitan linguistik meliputi kesulitan dalam mengingat kosakata dan memahami bentuk perubahan kata dalam bahasa Arab. Sementara itu, kesulitan non-linguistik mencakup rendahnya motivasi dan minat belajar, kurangnya konsentrasi, minimnya kepercayaan diri, keterbatasan lingkungan yang mendukung praktik bahasa Arab, serta metode pembelajaran yang dianggap monoton dan kurang kontekstual. Beberapa upaya telah dilakukan oleh pihak pendidik untuk mengatasi permasalahan tersebut, antara lain dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengajak siswa bermain sambil belajar, menerapkan metode yang bervariasi, serta memberikan penghargaan terhadap keberanian siswa untuk bertanya atau mencoba. Selain itu, pentingnya membiasakan penggunaan bahasa Arab di luar kelas juga menjadi perhatian dalam membangun lingkungan belajar yang lebih kondusif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan proses pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam aspek penguasaan kosakata. Guru diharapkan lebih peka terhadap kebutuhan dan karakteristik belajar siswa agar dapat menyusun strategi pembelajaran yang sesuai. Dengan demikian, penguasaan kosakata bahasa Arab di kalangan peserta didik dapat meningkat secara bertahap dan berkelanjutan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Minat Siswa Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Penguasaan Kosakata; Pembelajaran Bahasa Arab; Kesulitan Belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Ashimah Ummi Zahroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2025 11:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2025 11:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |