Implementasi pembiasaan budaya madrasah dalam mengembangkan akhlak generasi alpha di MI Al Falah Beran Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Muhammad Rizky (2025) Implementasi pembiasaan budaya madrasah dalam mengembangkan akhlak generasi alpha di MI Al Falah Beran Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizky Firmansyah_06020721053 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Rizky Firmansyah_06020721053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 June 2028.

Download (1MB)

Abstract

Implementasi pembiasaan budaya madrasah memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan akhlak siswa, terutama bagi generasi alpha yang menghadapi tantangan era digital. Madrasah tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan formal, tetapi juga sebagai tempat penanaman nilai-nilai moral dan spiritual. Dalam lingkungan yang terus berkembang, pembiasaan budaya madrasah menjadi strategi efektif dalam membangun karakter siswa yang berbasis pada nilai-nilai Islam di MI Al Falah Beran Ngawi. Namun, generasi ini juga dihadapkan pada tantangan seperti pengaruh teknologi, individualisme, dan akses informasi yang luas, yang dapat memengaruhi perkembangan akhlak siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembiasaan budaya madrasah dalam membentuk akhlak Generasi Alpha di MI Al Falah Beran Ngawi. Serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pembiasaan budaya madrasah tersebut.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber, yakni dengan mengonfirmasi data dari berbagai pihak yang terlibat, termasuk kepala madrasah, guru kurikulum, dan guru kesiswaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan budaya madrasah diterapkan melalui kegiatan rutin seperti sholat berjamaah, dzikir bersama, membaca dan menghafal Al-Qur’an, membiasakan ukhuwah Islamiyah melalui senyum, sapa, dan salam (3S), berpakaian sesuai syariat Islam, membiasakan adab yang baik, membaca dan menghafal Asmaul Husna, mengikuti Madrasah Diniyah, memperingati hari besar Islam, membaca tahlil bersama setiap hari Jumat, program "Sabtu Sehat," serta berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang membangun. Kegiatan ini efektif dalam meningkatkan kesadaran moral siswa serta membentuk karakter yang lebih baik. Faktor pendukung dalam implementasi pembiasaan ini adalah dukungan dari lingkungan madrasah berupa sarana dan prasarana serta keterlibatan aktif guru dalam menjadi teladan bagi seluruh siswa. Namun, terdapat pula faktor penghambat, seperti keterbatasan jumlah guru yang berdampak pada kurang optimalnya pendampingan sehingga muncul perbedaan pendekatan dalam penerapan pembiasaan setiap harinya sesuai dengan guru kelas masing-masing, serta kurangnya dukungan dari orang tua dalam melanjutkan pembiasaan budaya yang telah dilakukan di madrasah di lingkungan rumah dan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Muhammad Rizkymuh.rizky1256@gmail.com06020721053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Implementasi pembiasaan; budaya madrasah; akhlak generasi alpha
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Rizky Firmansyah
Date Deposited: 29 Jun 2025 04:23
Last Modified: 29 Jun 2025 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81583

Actions (login required)

View Item View Item