Agama dan bisnis : peran pebisnis religiopreneurship dalam mengembangkan wisata religi di makam k.H. Ali Mas’ud Pagerwojo Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Cahyaning Windy (2025) Agama dan bisnis : peran pebisnis religiopreneurship dalam mengembangkan wisata religi di makam k.H. Ali Mas’ud Pagerwojo Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cahyaning Windy Lestari_07020221022 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cahyaning Windy Lestari_07020221022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata religi berbasis nilai budaya dan spiritual Islam. Salah satu kawasan yang merepresentasikan integrasi antara aktivitas ekonomi dan nilai-nilai keislaman adalah kompleks Makam K.H. Ali Mas’ud di Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo. Di kawasan ini, para pelaku usaha tidak hanya menjalankan bisnis untuk mencari keuntungan semata, tetapi juga berperan sebagai religiopreneur, pengusaha yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam praktik bisnis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pebisnis religiopreneur dalam mengembangkan wisata religi di kawasan tersebut, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Secara teoritis, penelitian ini berlandaskan pada model AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency) dari Talcott Parsons yang memandang peran pelaku usaha dalam kerangka keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pebisnis di kawasan makam berperan sebagai penyedia barang dan jasa, pencipta lapangan kerja, penggerak ekonomi lokal, inovator dalam usaha, serta penguat nilai-nilai keislaman dan jaringan sosial yang beretika. Praktik bisnis mereka mencerminkan integrasi antara fungsi ekonomi dan sosial yang berbasis nilai spiritual, sehingga religiopreneurship yang berkembang di kawasan ini bukan hanya menjadi sarana pemenuhan ekonomi, tetapi juga merupakan bagian dari ibadah, penguatan komunitas lokal, dan pembangunan wisata religi yang berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Cahyaning Windycahyaningwindy@gmail.com07020221022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Ziarah Kubur
Keywords: Religiopreneurship; Wisata Religi; Model AGIL; Ekonomi Berbasis Spiritual.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: CAHYANING WINDY LESTARI
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:13
Last Modified: 04 Jul 2025 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81664

Actions (login required)

View Item View Item