Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri melalui e-book terhadap peningkatan kreativitas peserta didik dalam mapel PAI di UPT SMPN 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saniyah, Alfiyanah Wahyu (2025) Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri melalui e-book terhadap peningkatan kreativitas peserta didik dalam mapel PAI di UPT SMPN 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiyanah Wahyu Saniyah_06040121087 OK.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Alfiyanah Wahyu Saniyah_06040121087 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2028.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) rendahnya pencapaian tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih didominasi oleh ceramah, penugasan, konvensional yang cenderung membuat peserta didik kurang aktif dan kreatif selama proses pembelajaran berlangsung. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan adanya alternatif strategi pembelajaran yang lebih melibatkan peserta didik secara aktif dan kreatif. Salah satu metode pembelajaran yang relevan yakni metode pembelajaran inkuiri melalui e-book. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri melalui e-book terhadap peningkatan kreativitas peserta didik dalam mapel PAI di UPT SMPN 3 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan metode cluster random sampling dengan jumlah sample sebanyak 62 peserta didik kelas VIII I ditetapkan sebagai kelas kontrol sedangkan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan kreativitas peserta didik yang dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata N-Gain peningkatan kreativitas peserta didik pada kelas eksperimen 58,78 (sedang) > N-Gain kelas kontrol 25,80 (rendah). Nilai rata-rata posttest juga menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen (79,52) > rata-rata kelas kontrol (56,94). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri melalui e-book terhadap peningkatan kreativitas peserta didik dalam mapel PAI di UPT SMPN 3 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saniyah, Alfiyanah Wahyualfiyanah2003@gmail.com06040121087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasihuddin, Muhammadnasihuddin245@gmail.com2024116701
Thesis advisorAnas, IsmailAnasismail553@gmail.com196801012005011003
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Inkuiri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfiyanah Wahyu Saniyah
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:32
Last Modified: 30 Jun 2025 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81734

Actions (login required)

View Item View Item