Implementasi program SAS (sekolahe arek Suroboyo) sebagai upaya menghidupkan nilai pendidikan Islam dan anti bullying di lingkungan SDI Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikah, Umrotus (2025) Implementasi program SAS (sekolahe arek Suroboyo) sebagai upaya menghidupkan nilai pendidikan Islam dan anti bullying di lingkungan SDI Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umrotus Sholikah_06020121072.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Umrotus Sholikah_06020121072_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus bullying di lingkungan sekolah yang melibatkan peserta didik. Melemahnya pendidikan Islam yang tertanam pada peserta didik menjadi faktor utamanya. Berbagai upaya dilakukan pemerintah kota Surabaya untuk mengatasi tindakan bullying, salah satunya melalui inovasi sekolah ramah anak yang terdapat pada program SAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan program SAS sebagai bentuk upaya menghidupkan nilai pendidikan Islam dan anti bullying di lingkungan SDI Bahrul Ulum Surabaya. Tujuan penelitian ini dicapai melalui metode kualitatif deskriptif. Adapun informan yang terlibat pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, dan siswa SDI Bahrul Ulum Surabaya. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Agar menghasilkan data yang valid, peneliti menggunakan analisis data yang digagas oleh Miles dan Huberman yaitu kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini hasilnya menyatakan bahwa, program SAS di SDI Bahrul Ulum Surabaya direncanakan dengan matang dengan melihat latar belakang peserta didik, karakteristik, serta budaya sekolah, perencanaan ini dikemas dalam bentuk dokumen yang nantinya menjadi pedoman pelaksanaan program SAS di SDI Bahrul Ulum Surabaya. Program SAS di SDI Bahrul Ulum Surabaya dijalankan melalui kegiatan pembiasaan yang titik fokusnya berkaitan dengan penanaman akhlak peserta didik. Adapun pembiasaanya meliputi bimbingan bahasa, BTQ, sholat berjamaah, dan program tahfidhul Qur’an. Dampak yang ditimbulkan dari program SAS sangat positif salah satunya dapat menekan dan mengantisipasi timbulkan tindakan bullying di lingkungan SDI Bahrul Ulum Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikah, Umrotusumrotusholikah@gmail.com06020121072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyudi, Muhammadalkiso57@gmail.com2001045703
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Kekerasan
Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Program SAS; Pendidikan Islam; anti bullying
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umrotus Sholikhah
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:40
Last Modified: 02 Jul 2025 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81794

Actions (login required)

View Item View Item