Implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Mardiyah Lilia Karunia (2025) Implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mardiyah Lilia Karunia Wati_06010320008 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mardiyah Lilia Karunia Wati_06010320008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya peran kepala madrasah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui pembinaan terhadap kompetensi guru. Profesionalisme guru yang tinggi menjadi salah satu kunci utama dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berdampak positif pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, waka kurikulum, pengawas, dan guru. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik di madrasah ini dilaksanakan secara terstruktur melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Bentuk supervisi yang dilakukan antara lain kunjungan kelas, dan forum MGMP. Kepala madrasah juga berperan aktif sebagai motivator dan fasilitator dalam mendukung pengembangan kompetensi guru, baik secara individu maupun kolektif. Faktor pendukung implementasi supervisi meliputi dukungan penuh dari pihak madrasah, semangat guru untuk berkembang, serta adanya jadwal supervisi yang jelas. Adapun hambatan yang ditemui adalah keterbatasan waktu, kurangnya partisipasi guru dalam beberapa kegiatan, serta kendala teknis dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Kesimpulannya, implementasi supervisi akademik yang dijalankan oleh kepala madrasah secara umum telah berjalan efektif dan berkontribusi positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kesinambungan program pembinaan dan peningkatan kapasitas kepala madrasah dalam melakukan supervisi yang humanis, sistematis, dan berorientasi pada mutu pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Mardiyah Lilia Karuniamardiyahlilia@gmail.com06010320008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Kepala Sekolah
Keywords: Supervisi Akademik; Profesionalisme Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mardiyah Lilia Karunia Wati
Date Deposited: 08 Jul 2025 13:18
Last Modified: 08 Jul 2025 13:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81825

Actions (login required)

View Item View Item