Pengembangan bahan ajar berbasis proyek bermuatan etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi bangun datar di MI Unggulan Roudlotul Ulum Desa Pilang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlis, Nurul Awaliyah (2023) Pengembangan bahan ajar berbasis proyek bermuatan etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi bangun datar di MI Unggulan Roudlotul Ulum Desa Pilang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Awaliyah Mukhlis_02041020012 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nurul Awaliyah Mukhlis_02041020012 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2028.

Download (6MB)

Abstract

Sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari karena metode pengajaran matematika yang diterapkan oleh guru lebih cenderung pada menghafal rumus dan pemahaman konsep yang terbatas. Kendala pemahaman konsep matematika ini berdampak negatif pada pencapaian belajar siswa, yang sering kali mencapai tingkat rendah. Oleh karena itu, peneliti merancang bahan ajar berbasis proyek dengan pendekatan etnomatematika untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain, mengevaluasi kelayakan, dan mengukur efektivitas bahan ajar berbasis proyek dengan muatan etnomatematika guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Unggulan Roudlotul Ulum Pilang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development or R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan pada satu kelompok dengan desain penelitian one group pretest posttest, melibatkan 26 siswa kelas IV MI Unggulan Roudlotul Ulum Pilang Sidoarjo sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, angket, tes, serta dokumentasi. 1) Desain pengembangan bahan ajar berbasis proyek dengan muatan etnomatematika telah dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa dan didasarkan pada Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP). Materi yang diajarkan mencakup topik keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat dengan menggabungkan unsur budaya khas Jawa Timur dan mengintegrasikannya dalam kegiatan proyek. 2) Kelayakan bahan ajar dinilai oleh para ahli, menunjukkan nilai akhir rata-rata sebesar 92% dari ahli materi, 94% dari ahli desain, dan 90% dari ahli praktisi pengguna bahan ajar. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Pengembangan bahan ajar berbasis proyek dengan muatan etnomatematika juga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan uji t nilai Pretest dan Posttest dengan nilai p-value < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlis, Nurul Awaliyahnurulmukhlis1@gmail.com02041020012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsa.ac.id2028098401
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Matematika
Budaya
Keywords: Bahan Ajar; Etnomatematika; Pengembangan, Proyek
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Awaliyah Mukhlis
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:13
Last Modified: 05 Aug 2025 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81991

Actions (login required)

View Item View Item