This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriyah, Liza Nurmaya Indi (2025) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di Tk Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Liza Nurmaya Indi Fitriyah_06020921040.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Liza Nurmaya Indi Fitriyah_06020921040_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, munat, dan kemampuan siswa. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ini guru memiliki peran penting sebagai fasilitator dalam merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kebutuhan siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara menyeluruh bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi di TK Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang mendalam tentang objek yang diteliti. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru kelas di TK TK Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan Bungah Gresik. Teknik analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan penerapan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti ketika dilapangan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di TK Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin adalah dengan prinsip yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ini juga memuat diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan belajar. Sedangkan, faktor pendukungnya adalah dukungan dari kepala sekolah dalam penyelenggaraan kurikulum merdeka dengan adanya pelatihan atau workshop, pemberian program kepada guru melalui Komunitas Belajar, dan dukungan dari orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan kemampuan guru dalam memanajemen pembelajaran khususnya dalam memanajemen kelas
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Minat Siswa Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Liza Nurmaya Indi Fitriyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 05:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 05:17 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |