Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di Tk Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Liza Nurmaya Indi (2025) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di Tk Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Liza Nurmaya Indi Fitriyah_06020921040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Liza Nurmaya Indi Fitriyah_06020921040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, munat, dan kemampuan siswa. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ini guru memiliki peran penting sebagai fasilitator dalam merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kebutuhan siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara menyeluruh bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi di TK Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang mendalam tentang objek yang diteliti. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru kelas di TK TK Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin Mojopuro Wetan Bungah Gresik. Teknik analisis data yang digunakan yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan penerapan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti ketika dilapangan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di TK Muslimat NU 41 Hidayatul Mubtadiin adalah dengan prinsip yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ini juga memuat diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk, dan diferensiasi lingkungan belajar. Sedangkan, faktor pendukungnya adalah dukungan dari kepala sekolah dalam penyelenggaraan kurikulum merdeka dengan adanya pelatihan atau workshop, pemberian program kepada guru melalui Komunitas Belajar, dan dukungan dari orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan kemampuan guru dalam memanajemen pembelajaran khususnya dalam memanajemen kelas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Liza Nurmaya Indimayaliza067@gmail.com06020921040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Liza Nurmaya Indi Fitriyah
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:17
Last Modified: 04 Jul 2025 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82061

Actions (login required)

View Item View Item