This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Astuti, Wida (2025) Pengasuhan positif orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak kelompok a di TKS Hidayatul Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Wida Astuti_06040921086.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Wida Astuti_06040921086_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2028. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak untuk menjalankan aktivitas sehari-hari secara mandiri tanpa bantua orang tua. Upaya untuk meningkatkan kemandirian anak dengan menerapkan pengasuhan positif orang tua. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengasuhan positif orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak kelompok A di TKS Hidayatul Ummah Surabaya, dan Menganalisis faktor pendukung dan penghambat yang berperan dalam pengasuhan positif dalam meningkatkan kemandirian anak kelompok A di TKS Hidayatul Ummah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Setelah semua data terkumpul proses selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik yaitu kroscek wawancara, observasi dan dokumantasi. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa pengasuhan positif orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak yaitu: a) Menunjukkan kasih sayang dan perhatian, memberi apresiasi pada anak, terbiasa memberi dan meminta maaf, dan suasana aman dari kekerasan, b) Memperlakukan anak secara adil tanpa membandingkan, c) Lingkungan keluarga aman, nyaman, dan menyenangkan, d) Keluarga yang harmonis, e) Melindungi anak dari berbagai bentuk kekerasan. Adapun faktor pendukung dalam pengasuhan positif orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak yaitu a) Komunikasi yang baik antara orang tua dan guru, b) Lingkungan keluarga yang hangat, c) Keterlibatan aktif orang tua dalam mendampingi anak. Sedangkan faktor penghambat pengasuhan positif orang tua dalam meningkatkan kemandirian anak yaitu a) Kesibukan orang Tua dalam bekerja sehingga mempengaruhi keterbatasan waktu dalam membimbing dan mendampingi anak, b) Kondisi ekonomi yang lemah mengharuskan orang tua bekerja lebih banyak waktu, c) Pengaruh lingkungan sosial anak yang kurang baik dapat membuat anak mencontoh kebiasaan yang tidak mendukung kemandiriannya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Pendidikan > Pendidikan Anak Keluarga > Keluarga - Anak |
||||||||||||
Keywords: | Pengasuhan positif orang tua; kemandirian anak | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Wida Astuti | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:01 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |