This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hayati, Laila Nur (2010) Pengaruh Siklus Plan Do Review Share terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di kelas V SD Negeri I Ketegan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Laila Nur Hayati_D51206369.pdf Download (1MB) |
Abstract
Model pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran, tak terkecuali pada mata pelajaran PAI. Model pembelajaran yang baik adalah yang dapat menigkatkan prestasi belajar siswa baik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Karena dengan mengutamakan ketiga ranah tersebut siswa tidak hanya mampu secara teoritis akan tetapi juga dapat mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Model plan do review share dalam penelitian ini adalah salah satu model yang dapat mengasah ketiga ranah pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model tersebut digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam ketiga ranah tersebut.
Penelitian ini dilakukan di kelas VA SDN 1 Ketegan Taman. Penelitian ini menggunakan Pre-Test And Post Test group yaitu di dalam rancangan ini observasi dilakukan dua kali yaitu sebelum dan sesudah treatment. Sedangkan treatment dilakukan dua kali pertemuan, jadi secara total terjadi empat kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menganalisis data angket tes hasil belajar pada prestasi belajar ranah kognitif, dan data angket skala Likert untuk prestasi belajar ranah afektif, yang kemudian di hitung dengan menggunakan statistic non-parametrik, yaitu dengan menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh siklus plan-do-review-share terhadap prestasi belajar ranah kognitif dan afektif siswa. Sedangkan penelitian kuantitatif lainnya (deskriptif kuantitatif) digunakan untuk menganalisis data prestasi belajar ranah psikomotorik, dengan memberikan prosentase pada hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa ranah kognitif siswa diperoleh sebesar -2 dan penentuan nilai dari daftar diperoleh nilai Z sebesar -1,96. dari sini dapat disimpulkan bahwa - . Hal ini berarti terdapat pengaruh model siklus plan-do-review-share terhadap prestasi belajar ranah kognitif siswa. Sedangkan ranah afektif diperoleh sebesar -14, penentuan nilai dari daftar diperoleh nilai Z sebesar -1,96. dari sini juga dapat disimpulkan bahwa - . Hal ini berarti terdapat pengaruh model siklus plan-do-review-share terhadap prestasi belajar ranah afektif siswa. Sedangkan ranah psikomotorik diperoleh rata-rata aktif adalah 67.2 %, sedangkan yang tidak aktif 8.2 %. Hal ini berarti prestasi belajar ranah psikomotorik siswa jika diterapkan siklus plan-do-review-share juga tergolong baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | siklus Plan Do Review Share; Prestasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 28 Jun 2019 06:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8209 |
Actions (login required)
View Item |