This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Almira, Shinta (2025) Pengembangan e-book interaktif berbasis multipel representasi pada materi getaran dan gelombang untuk melatihkan kemampuan metakognitif siswa kelas VIII di SMPN 34 Surabaya. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Shinta Almira_06011021015.pdf Download (13MB) |
![]() |
Text
Shinta Almira_06011021015_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2028. Download (13MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh pentingnya kemampuan metakognitif untuk pemecahan masalah perlu dikuasai oleh peserta didik sebagai bagian dari pemenuhan abad 21 salah satunya yakni kemampuan metakognitif untuk mendukung proses belajar. Namun, Hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa tes kemampuan metakognitif siswa terutama pada aspek pengetahuan menunjukkan persentase rata-rata 39%, yang tergolong dalam kategori rendah. Hal ini diperkuat oleh wawancara dengan guru IPA yang mengungkapkan bahwa penggunaan media ajar belum optimal dan latihan soal yang melatihkan kemampuan metakognisi masih kurang. Sehingga, perlu dikembangkan media ajar berupa e-book interaktif berbasis multipel representasi untuk melatihkan kemampuan metakognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-book interaktif tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) e-book interaktif berbasis multipel representasi dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Tahap Define bermuatan analisis awal yang dilakukan oleh peneliti. Tahap Design bermuatan rancangan penelitian. Tahap Development bermuatan pengembangan media yang diteliti untuk mengetahui nilai kevalidan dan kepraktisan media e-book interaktif. Tahap Disseminate bermuatan penyebarluasan media untuk mengetahui nilai keefektifan media e-book interaktif.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) E-book interaktif berbasis multipel representasi dikatakan valid dibuktikan dengan persentase rata-rata dari ketiga validator sebesar 97,45%; 2) E-book interaktif berbasis multipel representasi dikatakan praktis secara teori dibuktikkan dengan nilai 97% sedangkan praktis secara praktik dibuktikkan dengan perolehan persentase sebesar 96,77%; 3) dan e-book interaktif berbasis multipel representasi dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dibuktikkan dengan perolehan nilai pada uji t-independent dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara tes kemampuan metakognitif siswa awal dan akhir, serta perolehan uji n-gain score sebesar 0,32 kelas kontrol dan 0,38 kelas eksperimen yang artinya terdapat peningkatan pada hasil tes kemampuan metakognitif siswa awal dan akhir dalam kategori sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Islam dan Ilmu Pengetahuan Internet |
||||||||||||
Keywords: | E-book interaktif; multipel representasi; getaran dan gelombang; kemampuan metakognitif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Shinta Almira | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |