IMPLEMENTASI MANAGEMENT BY OBJECTIVES (MBO) DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI MTs NEGERI 3 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuris, Anwar (2010) IMPLEMENTASI MANAGEMENT BY OBJECTIVES (MBO) DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI MTs NEGERI 3 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi Management by Objectives (MBO) dalam proses pengambilan keputusan di MTs
Negeri 3 Surabaya. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisa domain. Pertama-tama mengumpulkan data dan menganalisis
penerapan MBO di MTs Negeri 3 Surabaya serta proses pengambilan keputusan secara terpisah. Kemudian menganalisis implementasi MBO dalam proses
pengambilan keputusan di lembaga tersebut. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan MBO di MTs Negeri 3 Surabaya di lakukan dengan cara; Kepala Madrasah beserta jajarannya menetapkan
tujuan (goal) organisasi terlebih dahulu, menyusun program kerja masing-masing sub unit, memberikan otonomi kepada bawahan untuk melaksanakan program kerja
sesuai sasaran (objective) yang telah ditetapkan oleh masing-masing personalia madrasah. Dalam menetapkan sasaran menggunakan bottom up objectives, pola
kepemimpinannya bersifat demokratis-partisipatoris, pengawasan dalam melaksanakan kegiatan dilakukan secara langsung oleh sub-unit di bawah koordinasi
kepala madrasah, serta mengadakan evaluasi di tingkatan sub unit kemudian di tingkatan pimpinan sebagai feed back untuk merencanakan program berikutnya.
Proses pengambilan keputusan (decision making) dilakukan dengan cara identifikasi permasalahan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pengembangan alternatif, evaluasi, seleksi, implementasi, pengendalian dan evaluasi keseluruhan pelaksanaan hasil keputusan. Pengklasifikasian keputusan terdiri dari keputusan dari pembuatan pilihan (choice making) atau pemecahan masalah (problem solving), baik yang terprogram maupun yang tidak terprogram.
Sedangkan implementasi MBO dalam proses pengambilan keputusan merupakan upaya integrasi karakteristik MBO ke dalam proses pengambilan keputusan yaitu dilakukan dengan tingkat toleransi, kebersamaan, dan partisipasi
yang tinggi antar individu secara horizontal, maupun pimpinan dan bawahan secara struktur vertikal, mempertimbangkan tingkat pencapaian tujuan dan sasaran dengan standar out-put maupun out come madrasah, keputusan disesuaikan dengan kemampuan sumberdaya dan berorientasi pada waktu yang telah disepakati (time oriented), keterbukaan dalam berkomunikasi untuk mendapatkan dan memberikan umpan balik (feed back).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuris, AnwarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Management by Objectives; Pengambilan Keputusan; lembaga pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8214

Actions (login required)

View Item View Item