This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Bukhori, Muslim (2010) URGENSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AGAMA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA PGRI MOJOSARI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tentang judul Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru Agama Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMA PGRI Mojosari ini berawal dari terlihatnya sistem pendidikan yang hanya orientasinya pada siswa (Student Orientid) dan mengabaikan kemampuan guru yang sebagai perencana, pelaksana dan evaluator dalam proses pendidikan pendidikan.
Secara akademis guru PAI dikatakan sudah kompeten dalam bidangnya, karena mereka sudah banyak belajar dalam proses perkuliahan dan praktik mengajar di lapangan. Namun realita menunjukkan bahwa tidak semuanya guru PAI demikian, banyak kasus terjadi dalam proses pembelajaran dimana seorang guru PAI sangat menguasai materi pelajaran akan tetapi mereka kesulitan dalam menyampaikan materi tersebut pada siswanya di karenakan minimnya kemampuan dalam mengelola pembelajaran (Kompetensi Pedagogik) yang akhirnya menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa yaitu siswa tidak bisa belajar sebagai mana mestinya.
Berangkat dari fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan suatu penelitian terkait tentang bagaimana urgensi kompetensi pedagogik guru agama dalam mengatasi kesulitan belajar PAI siswa di SMA PGRI Mojosari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan acuan standar kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14/2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial. Karena penelitian ini lebih terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar, maka penilis hanya membatasi pada kompetensi pedagogik saja dan guru PAI yang diteliti adalah Bapak Kasiadi dan Bapak Moh. Zen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya kompetensi pedagogik yang dimiliki guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA PGRI Mojosari sangat urgen. Semua itu di tandai dengan adanya perencanaan, pelaksanaan dan sistem evaluasi yang baik dalam proses belajar mengajar sekaligus dalam penyelesaian kesulitan belajar yang di alami siswa dengan menerapkan kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik.
Sehingga secara umum dapat penulis simpulkan bahwasanya kompetensi pedagogik guru PAI sangat urgen dalam penyelesaian kesulitan belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Pedagogik; Kesulitan Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 09:20 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8219 |
Actions (login required)
View Item |