This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Munfaridah, Dian Ayu (2010) Kajian ayat-ayat metafora sebagai metodologi pendidikan agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
daf. pustaka.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ayat-ayat metafora, khususnya pada surat al-Baqarah ayat 17, 261, 264; Surat Ibrahim ayat 24, 27; Surat al-Ankabut ayat 41; dan Surat al-Kahfi ayat 45, 46. Sebagai metodologi Pendidikan Agama Islam yang bisa memberikan motivasi yang baik kepada peserta didik agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berarti bagi pengembang Pendidikan Agama Islam ke depan, minimal dapat memberikan alternatif bagi perkembangan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang datanya diperoleh melalui sumber literatur (Library Research), yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan. Sumber data primernya adalah Al-Quran dan terjemah, sedangkan data sekundernya adalah buku-buku tentang amtsal Al-Quran dan buku penunjang lainnya yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam dan metode Pendidikan Agama Islam. Metode analisis yang digunakan adalah: Pertama deskripsi, menguraikan tentang pengertian dan macam-macam amtsal Al-Quran dan metodologi Pendidikan Agama Islam. Kedua deduksi, digunakan untuk mencari ayat-ayat metafora yang bisa dijadikan sebagai metodologi Pendidikan Agama Islam. Ketiga, Induksi, digunakan untuk mencari sisi baik dan buruk dari ayat metafora yang dijadikan sebagai metodologi Pendidikan Agama Islam. Hadil penelitian menunjukkan bahwa dalam ayat-ayat metafora yang ada di alam Al-Quran bisa digunakan sebagai salah satu metodologi Pendidikan Agama Islam yang bisa memberikan motivasi dan dorongan yang besar bagi peserta didik agar berbuat sesuai dengan ajaran yang ada dalam dunia islah sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan ayat metafora tidak lepas dari kelebihan dan kekurangannya sebagai salah satu dari metodologi Pendidikan Agama Islam. Metode-metode yang terdapat dalam ayat-ayat tersebut adalah metode nasihat, metode pembiasan, metode pemahaman dan penalaran, metode cerita, metode teladan, metode peringatan dan pemberian motivasi. Kajian ini dipergunakan untuk mempermudah konsep pelajaran dengan menggunakan ayat-ayat Allah dan meniadakan sesembahan selain-Nya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||||
Keywords: | Ayat metafora | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 03 Oct 2024 07:35 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8238 |
Actions (login required)
View Item |