This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nadjib, Mochammad Fahmi (2025) Perilaku bullying berdasarkan undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak : studi kasus di Sekolah Menengah Atas Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Mochammad Fahmi Nadjib_05010720005 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Mochammad Fahmi Nadjib_05010720005 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
Bullying di sekolah merupakan fenomena yang semakin mengkhawatirkan dan menjadi perhatian di kalangan masyarakat, terutama di lingkungan pendidikan. Perilaku bullying tidak hanya berdampak negatif bagi korban, tetapi juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak sehat dan mengganggu proses pendidikan. Dengan meningkatnya kasus bullying yang dilaporkan, penting untuk memahami faktor-faktor yang berkontribusi terhadap perilaku ini serta dampaknya terhadap kesehatan mental dan psikologis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menggali lebih dalam mengenai fenomena bullying di Sekolah Menengah Atas Islam Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku bullying, serta untuk memahami dampak psikologis yang dialami oleh korban bullying. Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan yuridis empiris, dengan menggunakan data mengenai prilaku dan faktor bullying. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, pengisian kuisioner dan dokumentasi di lingkungan sekolah. Teknik pengelolaan data pada penelitian ini menggunakan teknik editing dan organizing, serta teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan pola piker deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku bullying, antara lain dinamika sosial di antara siswa, pengaruh lingkungan keluarga, serta kurangnya pengawasan dari pihak sekolah. Selain itu, dampak bullying terhadap kesehatan mental dan psikologis korban sangat signifikan, yang mencakup masalah serius seperti depresi, penurunan kepercayaan diri, dan dalam beberapa kasus yang ekstrem, munculnya keinginan untuk bunuh diri akibat gangguan psikologis yang mendalam. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa bullying merupakan masalah serius yang tidak bisa diabaikan, dan memerlukan perhatian serta tindakan dari semua pihak, termasuk sekolah, orang tua, dan masyarakat luas.Sebagai saran diperlukan upaya kolaboratif dari sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi siswa. Hal ini dapat dicapai melalui program pendidikan yang menekankan empati serta penerapan kebijakan tegas dalam menangani bullying. Sekolah juga sebaiknya mengadakan forum diskusi bagi siswa untuk berbagi pengalaman dan memberikan masukan, sehingga menciptakan rasa komunitas yang lebih kuat. Dengan langkah-langkah ini, generasi muda dapat tumbuh tanpa mengalami kekerasan dan intimidasi, serta menjadi individu yang lebih baik di masa depan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Anak Depresi Pendidikan Penganiayaan Hak Asasi Manusia |
||||||||
Keywords: | BULLYING; Perlindungan Anak; Anak | ||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam | ||||||||
Depositing User: | Mochammad Fahmi Nadjib | ||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2025 14:27 | ||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2025 14:27 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |