This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arifin, Siful (2010) STUDI INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN MADRASAH DAN PESANTREN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM AL-FAISHOLIYAH SAMPANG MADURA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif-kualitatif yang sifatnya berkelanjutan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yang terkait dengan adanya integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah. Hasil penelitian tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: Pertama, Integrasi tersebut dilakukan dalam bentuk pendidikan formal yang ada di madrasah dan juga dalam bentuk pendidikan non formal yang ada di asrama pondok pesantren Darussalam. Kedua, Integrasi tersebut terjadi dalam beberapa hal: Integrasi kelembagaan, hal ini bisa dilihat dari struktur, tatanilai, lingkungan, visi, misi, tujuan dan lain sebagainya. Integrasi pelaku pendidikan, yang meliputi pendidik (kiai, ustadz, guru), pelajar (siswa, santri), karyawan dan pelaku pendidikan lainnya yang ada di Darusssalam. Integrasi pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan yang meliputi: Sarana prasarana, keuangan, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar dan lain sebagainya. Ketiga, dalam pelaksanaan integrasi tersebut ada faktor-faktor penunjang dan penghambat yang bersifat intern maupun ekstern yang mengiringi proses terjadinya integrasi. Namun hal tersebut tidak sampai menghambat proses terjadinya integrasi. Hasil integrasi tersebut mempunyai pengaruh terhadap kualitas sistem pendidikan pada umumnya dan pada Lembaga Pondok Pesantren Darussalam Al-Faisholiyah pada khususnya, karena adanya integrasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas output pendidikan yang dapat diandalkan.
Dari hasil penelitian yang dipaparkan di atas maka saran kepada semua civitas akademika Darussalam untuk terus bersama-sama melakukan pembenahan demi terwujudnya pendidikan yang holistic-integral, duniawi-ukhrawi secara bersama-sama dan utuh tanpa mengesampingkan salah satu disiplin keilmuan tertentu.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Integrasi Sistem; Pendidikan Pesantren; Pendidikan Madrasah; Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 05:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8242 |
Actions (login required)
View Item |