Perancangan sekolah alam di Kota Surabaya dengan pendekatan arsitektur biofilik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Soraya (2025) Perancangan sekolah alam di Kota Surabaya dengan pendekatan arsitektur biofilik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Soraya Azizah_09040321068.pdf

Download (31MB)
[img] Text
Soraya Azizah_09040321068_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2028.

Download (31MB)

Abstract

Lingkungan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan tumbuh kembang anak secara aktif akan membentuk karakter dan mendukung tumbuh kembang anak, khususnya pada masa usia dini yang merupakan masa emas (golden age) dan periode kepekaan (sensitive period). Sistem pendidikan konvensional di Indonesia, yang masih didominasi metode ceramah, sering membuat siswa merasa jenuh dan kurang mampu mengembangkan potensi mereka secara optimal. Dengan menerapkan metode yang lebih interaktif dan mengintegrasikan pengalaman belajar yang melibatkan alam, siswa dapat merasa lebih terlibat, termotivasi, dan bersemangat untuk belajar. Kegiatan tersebut mempunyai relevansi yang erat dengan pembelajaran yang diselenggarakan oleh Sekolah Alam. Pada Perancangan Sekolah Alam lokasi yang digunakan terletak di Jalan KH. Abdul Wahab Siamin Surabaya, Dukuh Pakis, Kec. Dukuhpakis, Surabaya, Jawa Timur. Pemilihan Lokasi berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah kota Surabaya (RTRW) Kota Surabaya Tahun 2014 - 2034, Pasal 58 tentang Rencana Kawasan Peruntukan Pendidikan. Pasal ini menjelaskan bahwa kawasan peruntukan pendidikan di Surabaya direncanakan untuk mendukung pengembangan fasilitas pendidikan yang memadai dan merata di seluruh wilayah kota. Melalui penerapan arsitektur biofilik, perancangan Sekolah Alam memanfaatkan elemen alami seperti cahaya, ventilasi, dan interaksi langsung dengan alam, sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang sehat, nyaman, dan stimulatif. Konsep ini dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, kesejahteraan emosional, serta keterampilan sosial anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, SorayaSorayaazizah123@gmail.com09040321068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyari'ah, Arfianiarfianisyariah@uinsa.ac.id2027028302
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com030117301
Subjects: Arsitektur
Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Lingkungan; sekolah alam; arsitektur biofilik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Soraya Azizah Azizah
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:54
Last Modified: 10 Jul 2025 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82468

Actions (login required)

View Item View Item