IMPLEMENTASI METODE ROTATING TRIO EXCHANGE (PERTUKARAN TRIO MEMUTAR) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMA ASSA'ADAH BUNGAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifah, Yellis Mas'ud (2010) IMPLEMENTASI METODE ROTATING TRIO EXCHANGE (PERTUKARAN TRIO MEMUTAR) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMA ASSA'ADAH BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IIS.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran keberadaan guru dan siswa merupakan dua factor yang sangat penting dimana keduanya saling berkaitan. Kegiatan belajar siswa dapat di pengaruhi oleh kegiatan mengajar guru, karena dalam proses pembelajaran guru mempunyai suatu peran yang penting dimana guru sebagai pendamping atau fasilitator. Salah satu masalah yang sering di hadapi oleh guru adalah meningkatkan aktifitas dan kreatifitas dalam diri siswa untuk dapat belajar secara aktif, mandiri dan sadar, dimana supaya siswa tidak mengandalakan dari guru saja. Salah satu upaya yang harus di lakukan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa salah satunya guru menggunakan metode Rotating Trio Exchange.
Masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Rotating Trio Exchange di SMA Assa’adah Bungah Gresik. (2) Bagaimana penerapan metode Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMA Assa’adah Bungah Gresik. (3) Bagaimana hubungan atau korelasi antara metode Rotating Trio Exchange dengan pemahaman siswa di SMA Assa’adah Bungah Gresik.
Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menganalisa dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan tehnik pengumpulan data berupa angket, interview, observsi dan dokumentasi.
Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah di analisa dapat di simpulkan bahwa : (1) Penerapan metode Rotating Trio Exchange di SMA Assa’adah Bungah Gresik adalah bik. (2) Penerapan metode Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMA Assa’adah tergolong baik. (3) Hubungan atau korelasi antara metode Rotating Trio Exchange dengan pemahaman siswa berdasarkan analisis di peroleh r hitung 0.4019 dengan jumlah responden 80, sedangkan r table pada taraf signifikansi 5 % adalah 0.217, jadi r hitung lebih besar dari pada r tabel. Berarti hipotesis alternatife (Ha) yang berbunyi adanya korelasi metode Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMA Assada’adah Bungah Gresik di terima. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) di tolak. Kemudian korelasi penerapan metode Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam bidang studi PAI adalah cukup signifikan, hal ini berdasarkan tabel interpretasi nilai r , dimana r hitung 0.4019 berada diantara 0.40 sampai dengan 0. 70 yang berarti korelasinya cukup signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifah, Yellis Mas'udUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: ROTATING TRIO EXCHANGE
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 01:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item