Analisis perilaku konsumen berbasis Extended Technology Acceptance Model (Etam) terhadap keputusan pembelian belanja online di Marketplace Indonesia menggunakan Structural Equation Modelling (Sem)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Galuh (2025) Analisis perilaku konsumen berbasis Extended Technology Acceptance Model (Etam) terhadap keputusan pembelian belanja online di Marketplace Indonesia menggunakan Structural Equation Modelling (Sem). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galuh Pratiwi_09010221009 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Galuh Pratiwi_09010221009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong peningkatan aktivitas belanja online melalui platform marketplace di Indonesia. Namun, tidak semua konsumen langsung menerima kehadiran teknologi ini, karena keputusan pembelian dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di marketplace Indonesia dengan Extended Technology Acceptance Model (ETAM). Data dikumpulkan melalui survei kuesioner terhadap 290 responden, kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa Relevansi Pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan (β = 0,216, p-value < 0,005), dan Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan (β = 0,527, p-value < 0,005). Pengalaman memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Perilaku (β = 0,388, p-value < 0,005), Persepsi Biaya juga berpengaruh signifikan terhadap Niat Perilaku (β = 0,253, p-value < 0,005). Selanjutnya, Niat Perilaku terbukti memiliki pengaruh paling signifikan terhadap Keputusan Pembelian (β = 0,711, p-value < 0,005). Temuan ini menegaskan bahwa pengalaman pengguna dan persepsi biaya merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan dalam membentuk niat perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di marketplace Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model ETAM serta implikasi praktis bagi pelaku bisnis dalam merancang strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan berbasis perilaku konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Galuhglhpratiwi07@gmail.com09010221009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, M.T., Dr. Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorYuliati, M.Si, DianDIAN.YULIATI@uinsby.ac.id2014078703
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Galuh Pratiwi
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:58
Last Modified: 10 Jul 2025 04:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82568

Actions (login required)

View Item View Item