This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pratiwi, Galuh (2025) Analisis perilaku konsumen berbasis Extended Technology Acceptance Model (Etam) terhadap keputusan pembelian belanja online di Marketplace Indonesia menggunakan Structural Equation Modelling (Sem). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Galuh Pratiwi_09010221009 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Galuh Pratiwi_09010221009 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong peningkatan aktivitas belanja online melalui platform marketplace di Indonesia. Namun, tidak semua konsumen langsung menerima kehadiran teknologi ini, karena keputusan pembelian dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di marketplace Indonesia dengan Extended Technology Acceptance Model (ETAM). Data dikumpulkan melalui survei kuesioner terhadap 290 responden, kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa Relevansi Pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan (β = 0,216, p-value < 0,005), dan Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan (β = 0,527, p-value < 0,005). Pengalaman memiliki pengaruh signifikan terhadap Niat Perilaku (β = 0,388, p-value < 0,005), Persepsi Biaya juga berpengaruh signifikan terhadap Niat Perilaku (β = 0,253, p-value < 0,005). Selanjutnya, Niat Perilaku terbukti memiliki pengaruh paling signifikan terhadap Keputusan Pembelian (β = 0,711, p-value < 0,005). Temuan ini menegaskan bahwa pengalaman pengguna dan persepsi biaya merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan dalam membentuk niat perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di marketplace Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model ETAM serta implikasi praktis bagi pelaku bisnis dalam merancang strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan berbasis perilaku konsumen.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Galuh Pratiwi | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 04:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 04:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |