Penerapan Flipped Classroom berbantuan Edpuzzle terhadap keaktifan peserta didik bergaya belajar kinestetik pada pembelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Roudhotul (2025) Penerapan Flipped Classroom berbantuan Edpuzzle terhadap keaktifan peserta didik bergaya belajar kinestetik pada pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roudhotul Afifah_06010421028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2028.

Download (19MB)
[img] Text
Roudhotul Afifah_06010421028 OK.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun, keaktifan peserta didik gaya belajar kinestetik dalam pembelajaran masih tergolong rendah. Model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Edpuzzle dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan langkah pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Edpuzzle, mengidentifikasi tingkat keaktifan peserta didik gaya belajar kinestetik, serta mendeskripsikan respons peserta didik terhadap penerapan model tersebut.
Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTsN 1 Mojokerto pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik gaya belajar kinestetik di kelas VIII-C. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket, dengan instrumen berupa lembar observasi keterlaksanaan langkah pembelajaran, lembar observasi keaktifan peserta didik, dan lembar angket respons. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menghitung persentase keterlaksanaan langkah pembelajaran, keaktifan peserta didik, dan respons berdasarkan kategori yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterlaksanaan langkah pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Edpuzzle selama dua pertemuan memperoleh rata-rata persentase sebesar 90% yang menunjukkan sangat baik. 2) Keaktifan peserta didik gaya belajar kinestetik selama dua pertemuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 91,48 yang menunjukkan sangat aktif. 3) Respons peserta didik terhadap penerapan model tersebut memperoleh persentase sebesar 95,34% yang termasuk sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Edpuzzle dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik gaya belajar kinestetik dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Flipped Classroom, Edpuzzle, Keaktifan, Gaya Belajar Kinestetik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Roudhotulfirodh25@gmail.com06010421028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Roudhotul Afifah
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:37
Last Modified: 10 Jul 2025 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82590

Actions (login required)

View Item View Item