This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mashnu'ah, Fitriyatul (2025) Integrasi Procedural Flowcharts dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Fitriyatul Mashnu'ah_06010421012 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2028. Download (14MB) |
![]() |
Text
Fitriyatul Mashnu'ah_06010421012 OK.pdf Download (15MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dipandang sebagai kemampuan yang sangat esensial seiring dengan perkembangan zaman modern. Kesulitan siswa dalam mengaplikasikan konsep matematika yang telah dipelajari pada masalah yang lebih kompleks sering kali dipengaruhi oleh pemahaman yang kurang terhadap kemampuan mengintegrasikan berbagai konsep. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan adalah procedural flowcharts. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas siswa ketika membuat procedural flowcharts dalam pembelajaran matematika sehingga dapat membantu siswa memahami langkah-langkah penyelesaian masalah yang sistematis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur efektivitas procedural flowcharts dan respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penggunaan procedural flowcharts dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix-method dengan desain sequential exploratory. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas XI-9 MAN 1 Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, soal tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Paired Sample t-Test untuk mengetahui adanya perbedaan perlakuan. Selain itu, uji N-Gain digunakan untuk mengukur tingkat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa ketika membuat procedural flowcharts dalam pembelajaran matematika memiliki rata-rata 91,19% dengan kategori sangat baik. (2) Penggunaan procedural flowcharts dalam pembelajaran matematika terbukti efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis statistik menggunakan uji Paired Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikansi antara sebelum dan sesudah penggunaan procedural flowcharts dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5759. (3) Respons siswa berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 78,40. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa integrasi procedural flowcharts dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Procedural Flowcharts; pembelajaran Matematika; kemampuan pemecahan Mmsalah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Fitriyatul Mashnu'ah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |