Hubungan penerapan metode pembelajaran Herbart dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Ita (2010) Hubungan penerapan metode pembelajaran Herbart dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Temuan IPTEK telah menyebarkan hasil yang membawa kemajuan. Hal tersebut telah mengubah kebudayaan dan gaya hidup manusia. Dari kenyataan tersebut, maka Pendidikan Agama Islam mempunyai kedudukan dan peranan penting, dalam membentuk generasi mudah yang memiliki intelektual yang tinggi serta akhlakul karimah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tentang penerapan metode pembelajaran herbart. Dari penerapan metode tersebut diharapkan terjadinya integrasi anatara pelajaran agama dengan pelajaran umum, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan metode pembelajaran herbart, tentang pemahaman siswa serta pengaruh anatara penerapan metode pembelajaran herbart terhadap pemahaman siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif, dimana dalam penyajian data penulis menguraikan secara jelas tentang materi yang sedang diteliti serta disajikan adalam bentuk angka-angka. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes serta angket. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, dan buku panduan PAI. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket serta lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran herbart pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Sidoarjo tergolong baik. Hal ini terbukti bahwa observasi aktivitas guru dan siswa yang tergolong baik, analisis angket menunjukkan hasil 83,2% yang tergolong baik.(2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Sidoarjo tergolong baik. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai pemahaman siswa yaitu 75,2 yang berarti baik.(3)Dari kajian yang ada dapat diketahui bahwa adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran herbart terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Hal ini sesuai dengan hasil analisis korelasi yang dengan hasil rxy = 0,849910 yang apabila dikonsultasikan pada tadel korelasi berkisar antara 0,70 – 0,90 yang berarti antara penerapan metode pembelajaran herbart dengan pemahaman siswa terdapat korelasi yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Ita--D31206052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: HERBART; Pemahaman Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 16 Dec 2019 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item View Item