This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Masykur, Hasbullah Ali (2025) Studi living Qur’an: tradisi membaca QS. al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Hasbullah Ali Masykur_07020320042.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Hasbullah Ali Masykur_07020320042_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
Aktivitas membaca Al-Qur’an dalam kehidupan masyarakat Islam kontemporer telah mengalami perkembangan yang signifikan, ditandai dengan beragam bentuk praktik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks sosial-keagamaan. Masyarakat Muslim kerap mengamalkan Al-Qur’an dalam berbagai situasi, seperti untuk keperluan penyembuhan, perlindungan dari gangguan gaib, maupun tujuan spiritual lainnya. Keyakinan terhadap keutamaan surah atau ayat tertentu menjadi dasar dari praktik-praktik tersebut, yang umumnya tumbuh dari tradisi membaca Al-Qur’an pada waktu-waktu tertentu, baik secara kolektif maupun individual. Hal ini mencerminkan hubungan yang mendalam dan dinamis antara umat Islam dengan kitab sucinya, di mana Al-Qur’an tidak hanya diposisikan sebagai teks bacaan, tetapi juga sebagai sumber keberkahan dan solusi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga diterapkan oleh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang yang menjadikan pembacaaan al-Qur’an khususnya QS. Al-Waqi’ah setelah sholat maghrib dan sholat shubuh. Terdapat masalah yang menjadi fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana praktik tradisi membaca surah Al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. 2) Bagaiamana makna surah Al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan pendekatan kualitatif yang berlandaskan pada kerangka studi Living Qur’an. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teori sosiologi pengetahuan yang dikembangkan oleh Karl Mannheim sebagai landasan teoritis untuk memahami konstruksi makna sosial di balik praktik pembacaan Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran komprehensif mengenai pelaksanaan tradisi tersebut. Sumber data diperoleh dari berbagai informan kunci, yakni pengasuh, pengurus, serta para santri di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang, yang terlibat langsung dalam aktivitas keagamaan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dua temuan utama. Pertama, praktik pembacaan Al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang dilaksanakan secara rutin setiap selesai sholat maghrib dan sholat shubuh, setelah membaca wirid kemudian ditutup dengan doa. Kedua, pemaknaan terhadap tradisi ini terbagi ke dalam tiga kategori, yakni makna objektif, makna ekspresif, dan makna dokumenter. Makna ekspresif yang diungkapkan oleh para narasumber beragam, mencerminkan pemahaman personal terhadap praktik ini sebagai bentuk ibadah, wirid, doa, mengabulkan hajat, melancarkan rezeki dan keistiqomahan dalam ibadah. Sementara itu, makna dokumenter merujuk pada dimensi historis-sosiologis dari praktik tersebut, di mana kebiasaan membaca Al-Waqi’ah telah menjadi rutinitas yang secara turun-temurun dijalankan oleh pengasuh, pengurus, dan santri, sehingga membentuk sebuah tradisi yang melekat dalam kehidupan keseharian pesantren.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pesantren Tafsir > Tafsir Al Qur'an Tradisi Islam |
||||||||
Keywords: | Tradisi; al-Waqi’ah; living Qur’an | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | Hasbullah Ali Masykur | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:17 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:17 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |