This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nisa', Rohilah Izzatun (2025) Efektivitas model project based learning (PJBL) berbantu media video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII di MTS Negeri 1 Kota Surabaya pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rohilah Izzatun Nisa'_06031021043 OK.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Rohilah Izzatun Nisa'_06031021043 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2028. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di MTs Negeri 1 Kota Surabaya. Hal ini disebabkan oleh model yang diterapkan di kelas adalah model konvensional serta kurangnya media dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi cepat bosan dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantu media video animasi yang harapannya dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji validitas ahli, analisis lembar observasi, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test, dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T-test dimana nilai rata rata posttest pada kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol yang menunjukkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga sig < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Data pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen juga dibuktikan dengan uji N-gain dimana skor N gain di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yang menunjukkan data pretest dan posttest pada kelas eksperimen memperoleh hasil 0,72 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol memperoleh hasil 0,59 dengan kategori sedang. Adapun Nilai hasil observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen menunjukkan kategori sangat baik yaitu aktivitas guru 97,7 dan aktivitas siswa 95,1. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Kota Surabaya pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Biologi | ||||||||||||
Keywords: | Model Project Based Learning (PjBL); Kemampuan Berpikir Kreatif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Rohilah Nisa | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |