This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muhaini, Hadi (2010) Peran konselor dalam upaya mengatasi siswa yang meninggalkan pelajaran di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:
1. Apa yang selama ini menjadi permasalahan di SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung.
2. Mengapa siswa melakukan tindakan meninggalkan pelajaran di lembaga tersebut.
3. Bagaimana peran Konselor dalam upaya mengatasi masalah siswa yang meninggalkan pelajaran di SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung.
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut diatas, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis, yaitu mengkaitkan data pelaksanaan proses Bimbingan Konseling dengan menggunakan beberapa teknik konseling yang ada antara lain konseling Behaviour, konseling kelompok dan individu. Untuk mengetahui proses konseling yang dilakukan berhasil atau tidak, maka penulis membuat perbandingan tentang keadaan klien pada waktu sebelum dan sesudah proses Bimbingan Konseling dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik konseling yang diterapkan dalam mengatasi masalah yang terjadi di SMA Islam Sunan Gunung Jati berhasil, terbukti dengan adanya perubahan perilaku siswa yang tadinya negatif berubah menjadi berperilaku positif. Adapun kronologisnya adalah: Konselor memberikan stimulus kepada klien dengan membuat suasana yang nyaman dan bersahabat agar klien bebas menyampaikan masalah dan alasannya, kemudian Konselor meyakinkan bahwa tindakannya ini adalah benar tentunya dengan memberikan saran, motivasi dan nasehat dengan penuh kesabaran. Hasil yang dapat dilihat dan rasakan adalah siswa sudah tidak melakukan tindakan meninggalkan pelajaran dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar tata tertib sekolah maupun Pesantren.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Kenakalan Anak dan Remaja |
||||||
Keywords: | Konselor; meninggalkan pelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2018 02:36 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8278 |
Actions (login required)
View Item |