Analisis miskonsepsi matematis siswa menggunakan metode four tier diagnostic test berbasis open ended ditinjau dari kecerdasan majemuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Fifi Eka (2025) Analisis miskonsepsi matematis siswa menggunakan metode four tier diagnostic test berbasis open ended ditinjau dari kecerdasan majemuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fifi Eka Ramadhani_06020421040 OK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Fifi Eka Ramadhani_06020421040 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2028.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil tes yang penulis lakukan saat menjalani MBKM di Madrasah Aliyah. Peneliti banyak menemukan hasil pengerjaan soal yang dilakukan oleh siswa masih mengalami miskonsepsi. Oleh karena itu peneliti akan mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa dan penyebab dari miskonsepsi tersebut ditinjau dari kecerdasan majemuk yang dimilikinya. Untuk mengidentifikasi miskonsepsi secara lebih menyeluruh, salah satu instrumen yang digunakan adalah Four Tier Diagnostic Test (FTDT) berbasis open ended yang dipadukan dengan Certainty of Response Index (CRI). Metode ini memungkinkan analisis mendalam terhadap pemahaman konsep siswa dan tingkat keyakinan mereka terhadap jawaban maupun alasan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dengan kecerdasan logis matematis dan linguistik serta mendeskripsikan penyebabnya. Fokus penelitian ini untuk mengetahui miskonsepsi matematis materi barisan dan deret aritmetika dengan melihat penyebab miskonsepsi siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian case study research atau studi kasus serta bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini 4 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dan 4 siswa dengan kecerdasan linguistik tinggi dari kelas X-C dengan teknik purposive sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes IST, Four Tier Diagnostic Test berbasis Open Ended dan wawancara sesuai teori Miles dan Huberman. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 dari 8 subjek mengalami miskonsepsi matematis. Hasil tes diagnostik FTDT menunjukkan 2 dari 4 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis mengalami miskonsepsi matematis yakni pengunaan rumus yang tidak sesuai. Setelah dilakukan wawancara didapatkan penyebab miskonsepsi matematis tersebut karena cara belajar mereka yang masih salah yakni berfokus pada prosedural bukan struktural. Hasil tes diagnostik FTDT juga menunjukkan 3 dari 4 siswa yang memiliki kecerdasan linguistik mengalami miskonsepsi matematis yakni tidak mampu mengidentifikasi pola bilangan. Setelah dilakukan wawancara didapatkan penyebab miskonsepsi matematis yang dialami karena kurangnya pemahaman konsep pola bilangan pada materi sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Fifi Ekafifieka572@gmail.com06020421040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id0518039002
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Miskonsepsi; Four Tier Diagnostic Test; Open Ended; Kecerdasan Majemuk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fifi Eka Ramadhani
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:05
Last Modified: 28 Jul 2025 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82812

Actions (login required)

View Item View Item