This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Thoyibin, Muhammad Aditya Sholihut (2025) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi statistika berbantuan microsoft excel untuk melatih literasi statistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Muhammad Aditya Sholihut Thoyibin_06020421045.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Muhammad Aditya Sholihut Thoyibin_06020421045_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2028. Download (9MB) |
Abstract
Literasi statistik merupakan kemampuan untuk memahami, menafsirkan, dan menggunakan data dalam kehidupan sehari-hari secara kritis dan bijaksana. Di era digital yang dipenuhi informasi berbasis data, literasi statistik menjadi keterampilan esensial bagi siswa untuk mengembangkan pola pikir kritis dan pengambilan keputusan yang rasional. Oleh sebab itu penulis ingin mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbantuan Microsoft Excel yang dapat melatih kemampuan literasi statistik siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran matematika materi statistika berbantuan Microsoft Excel untuk melatih literasi statistik siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Plomp (fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi, dan revisi, fase implementasi). Produk yang dihasilkan berupa modul ajar dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Modul ajar dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel sebagai media pembelajaran. Uji coba dilakukan pada 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yakni kelas VII-F (kelas kontrol) dan kelas VII-G (kelas eksperimen) UPT SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik tes. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisis menggunakan analisis kevalidan dengan lembar validasi, analisis kepraktisan dengan lembar validasi kepraktisan, dan analisis keefektifan dengan hasil tes literasi statistik. Dari data tersebut dilakukan uji Mann-whitney dan uji Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kevalidan perangkat pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan validitas modul ajar sebesar 4,56 dan media ajar Microsoft Excel. 2) Kepraktisan media Microsoft Excel dinyatakan praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 92,59, media ajar Microsoft Excel masuk dalam kategori sangat praktis, sehingga dapat digunakan tanpa perlu revisi. 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif melalui nilai uji Cohen’s d sebesar 0,65 dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dengan tingkat “sedang”. Dengan tingkat signifikansi pada uji mann-whitney sebesar 0,006 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Statistik Teknologi |
||||||||||||
Keywords: | Literasi statistik; microsoft excel; model plomp; keefektifan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | aditya thoyibin | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:51 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |