This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Amin, M. Zuhdi (2010) Respon jama'ah tentang simbol Komunikasi Verbal Yayasan Al Jihad: studi pada moto Sabar Itu Indah, Ikhlas Itu Mujarab, Istiqomah Itu Karomah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
M. M. Zuhdi Amin_B06205016.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang hendak dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana respon jama'ah terhadap moto Yayasan al-Jihad. Adapun tujuannya adalah untuk meneliti respon jama'ah terhadap moto al Jihad. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan persoalan tersebut maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam dan dokumenter. Untuk menegaskan keabsahan data maka dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Subjek penelitiannya adalah jama'ah Yayasan al-Jihad, karena mereka yang telah mengetahui dan mengikuti kegiatan-kegiatan di Yayasan al-Jihad. Dalam hal ini peneliti memilih 10 jama'ah untuk dijadikan informan dalam penelitian ini atas pertimbangan bahwa mereka telah mengetahui Yayasan al-Jihad.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa jama'ah merespon baik terhadap moto Yayasan al-Jihad karena moto ini dapat memotivasi diri mereka untuk menjalankan kegiatan-kegiatan keagamaan, moto ini mempunyai makna yang dalam dan dapat dipakai semua kalangan, moto ini merupakan moto yang sebenarnya, moto ini dapat dipakai acuan dan pepiling atau prinsip dalam hidup, isi dari moto ini tidak bertele-tele. Disamping mempunyai manfaat bagi diri pribadi juga bermanfaat bagi yayasan diantaranya karena moto ini sebagai cermin cita-cita atau tujuan yayasan, sebagai ciri khas yang dimiliki yayasan dan sebagai daya tarik bagi yayasan kepada masyarakat. Bertitik pada penelitian ini beberapa saran mungkin dapat dijadikan pertimbangan. diantaranya yayasan atau kelompok-kelompok sosial lainnya perlu mencontoh yayasan al-jihad untuk menjalankan dakwah tidak hanya dengan ceramah tetapi juga dengan moto agar bisa dijadikan acuan atau pengingat untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik. Bagi yayasan al-jihad, agar lebih intent dalam menyebarkan moto ini salah satunya dengan menulis moto ditempat-tempat strategis. Disamping itu yayasan al-jihad perlu membuat buku saku yang membahas khusus tentang moto Yayasan al-Jihad. Dengan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan agama para jamaah lebih luas dan terarah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Komunikasi Komunikasi Islam > Komunikasi Dakwah > Pesan Dakwah Pesan Dakwah |
||||||
Keywords: | Respon jama'ah; simbol komunikasi verbal | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 23 Jan 2019 07:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8293 |
Actions (login required)
View Item |