Analisis determinan penerimaan teknologi artificial intelligence BSI mobile banking pada pengguna muslim: Framework UTAUT3.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bimantara, Satria Yudha (2025) Analisis determinan penerimaan teknologi artificial intelligence BSI mobile banking pada pengguna muslim: Framework UTAUT3. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Satria Yudha Biamantara_ 08020421084.pdf

Download (15MB)
[img] Text
Satria Yudha Biamantara_08020421084_ Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 July 2028.

Download (15MB)

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan implementasi teknologi digital, termasuk dalam layanan perbankan berbasis syariah. Dalam konteks ini, fitur artificial intelligence (AI) yang diintegrasikan dalam aplikasi BSI Mobile Banking menjadi inovasi strategis yang perlu ditinjau efektivitasnya dari perspektif pengguna Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor dalam model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 3 (UTAUT3) penerimaan teknologi fitur AI BSI Mobile Banking pada pengguna Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausatif, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab-akibat antara variabel independen dan dependen. Data dikumpulkan melalui survei terhadap responden Generasi Z Muslim pengguna BSI Mobile Banking dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS 4.0. Jumlah responden yang dianalisis sebanyak 100 orang, diperoleh melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan variabel UTAUT3 yang diuji, enam variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna, yaitu Harapan Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi yang Memfasilitasi, Motivasi Hedonis, Nilai Harga. Sementara itu, dua variabel lainnya, yaitu Kebiasaan dan Inovasi Pribadi, tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini mendukung sebagian besar asumsi dalam model UTAUT3 dan memberikan gambaran bahwa persepsi manfaat, kemudahan, dukungan, serta nilai dan kesenangan dalam menggunakan fitur AI menjadi kunci dalam meningkatkan kepuasan pengguna Muslim. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan teknologi digital syariah, khususnya dalam membangun fitur AI yang mudah digunakan, memberikan nilai tambah, serta memperhatikan nilai-nilai dan preferensi pengguna Muslim. Penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian selanjutnya dengan cakupan variabel yang lebih luas dan pendekatan yang lebih mendalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bimantara, Satria Yudhayudhacoeg654@gmail.com08020421084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id2014108103
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Masyarakat Islam
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: UTAUT3; artificial intelligence; kepuasan pengguna; BSI mobile banking; generasi Z muslim
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Satria Yudha Bimantara
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:12
Last Modified: 21 Jul 2025 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82973

Actions (login required)

View Item View Item