This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rosa, Farah Maulidya (2025) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan phet simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari di MTS Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Farah Maulidya Rosa_06011021004 OK.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Farah Maulidya Rosa_06011021004 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2028. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas IX MTsN 2 Sidoarjo. Hasil indikator yang paling tinggi pada indikator analisis dan paling rendah pada indikator evaluasi. Hal ini disebabkan Karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi dan inovatif di dalam proses kegiatan belajar mengajar menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan siswa tidak mendapatkan kesempatan yang memadai untuk dilatih dalam mengasah kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simualation yang bertujuan untuk mengatasai masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui efektivitas dalam model pembelajaran Inkuiri terbimbingberbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan guru dan peserta didik, uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kedua kelas, uji n-gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, serta lembar angket respons digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen aktivitas guru memperoleh skor rata-rata 93,4 (sangat baik), sedangkan pada aktivitas peserta didik memperoleh skor rata-rata 94,4 (sangat baik). Terdapat perbedaan yang signifikansi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji Indenpenden Sample t-Test yang memperoleh signifikansi memperoleh 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan uji n-gain menunjukkan bahwa nilai ratarata kelas eksperimen sebesar 0,278 dan kelas kontrol sebesar 0,140, yang keduanya berada dalam kategori rendah dengan intepretasi ≤ 0,3. Meskipun demikian, nilai ngain pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis yang relatif lebih baik pada kelas eksperimen. Pada angket repon siswa memperoleh skor rata-rata 88,5 (sangat positif). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulation efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Fisika Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Phet Simulation; Kemampuan Berpikir Kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | 2025 Farah Maulidya Rosa | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2025 14:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2025 14:00 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |