Pengaruh pemasaran media sosial dan e-wom terhadap niat beli konsumen di mediasi oleh kepercayaan konsumen pada Ichiban Sushi di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dharma, Adhika (2025) Pengaruh pemasaran media sosial dan e-wom terhadap niat beli konsumen di mediasi oleh kepercayaan konsumen pada Ichiban Sushi di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adhika Dharma_08020321030.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Adhika Dharma_08020321030_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sejauh mana pemasaran melalui media sosial dan electronic word of mouth (E-WOM) memengaruhi minat beli konsumen terhadap Ichiban Sushi di Surabaya, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Ichiban Sushi, sebagai salah satu restoran Jepang populer, menghadapi tantangan mempertahankan keunggulan di tengah perubahan perilaku konsumen akibat digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui survei terhadap 402 responden dan dianalisis dengan teknik PLS-SEM. Fokus utama penelitian adalah memahami keterkaitan antara strategi digital dan perilaku konsumen dalam konteks sektor kuliner.Hasil menunjukkan bahwa pemasaran melalui media sosial dan E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan minat beli konsumen. Kepercayaan konsumen terbukti sebagai mediator sebagian (complementary ediation) yang memperkuat pengaruh strategi digital terhadap niat pembelian. Meski demikian, efektivitas strategi digital masih dipengaruhi oleh tantangan seperti kurang optimalnya konten promosi dan beragamnya respon terhadap ulasan online.Ichiban Sushi disarankan mengoptimalkan konten visual di media sosial, mendorong ulasan positif melalui insentif, dan meningkatkan transparansi informasi. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam memahami strategi pemasaran digital dan perilaku konsumen di sektor kuliner, serta menjadi panduan praktis bagi bisnis sejenis dalam memperkuat kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dharma, Adhika08020321030@student.uinsby.ac.id08020321030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsa.ac.id2005098202
Subjects: Manajemen
Media Sosial
Pemasaran
Keywords: Pemasaran media sosial; E-WOM; kepercayaan konsumen; niat beli; Ichiban Sushi; Surabaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Adhika Dharma
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:17
Last Modified: 24 Jul 2025 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83081

Actions (login required)

View Item View Item