Pengaruh penggunaan media loose parts terhadap kemampuan mengenal huruf awal pada anak usia dini (usia 4-5 tahun) di Ra Cahaya Insani Bohar Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Nur Wanda (2025) Pengaruh penggunaan media loose parts terhadap kemampuan mengenal huruf awal pada anak usia dini (usia 4-5 tahun) di Ra Cahaya Insani Bohar Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Wanda Islamiyah_06020921049.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Wanda Islamiyah_06020921049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2028.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap penting dalam perkembangan anak, di mana kemampuan dasar seperti mengenal huruf harus distimulasi secara optimal untuk mendukung kesiapan belajar selanjutnya. Namun, di RA Cahaya Insani Bohar Sidoarjo, terdapat tantangan dalam mengenalkan huruf awal kepada anak-anak yang diduga dipengaruhi oleh minat belajar yang belum optimal dan keterbatasan media pembelajaran yang variatif. Oleh karena itu, penggunaan media loose parts berbahan alam menjadi salah satu alternatif yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan menyenangkan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak secara signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest. Seluruh populasi anak usia 4–5 tahun di Kelompok A RA Cahaya Insani Bohar, sebanyak 25 anak, menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir untuk mengukur kemampuan mengenal huruf, yang mencakup keterampilan mengurutkan huruf A–M, menggabungkan huruf sesuai perintah, dan mengeja huruf yang telah disusun. Hasil menunjukkan bahwa ada peningkatan skor rata-rata dari 43,88 pada pretest menjadi 83,96 pada posttest. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai Thitung sebesar 0, sedangkan Ttabel sebesar 89 (n = 25, α = 0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hasil analisis SPSS 24 juga menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,00 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Sebanyak 15 anak menunjukkan peningkatan skor dengan Mean Rank 13,00 dan Sum of Ranks 325,00, sedangkan sisanya menunjukkan hasil identik (ties). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media loose parts berbahan alam terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia dini di RA Cahaya Insani Bohar, Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Nur Wandanawandais76@gmail.com06020921049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Subjects: Anak
Pendidikan
Pendidikan Islam
Keywords: Loose parts; mengenal huruf awal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Wanda Islamiyah
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:16
Last Modified: 24 Jul 2025 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83143

Actions (login required)

View Item View Item